Hari Kedua PSBB Bandung, Pengguna Motor Paling Banyak Melanggar

Siap-siap Satlantas Polrestabes bakal tindak tegas pelanggar

Bandung, IDN Times - Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Bandung Raya pada hari kedua masih banyak pelanggaran yang dilakukan masyarakat. Selain keluar tanpa alasan yang jelas, pengendara motor yang berboncengan menjadi pelanggaran terbanyak. 

Kasatlantas Polrestabes Bandung Kompol Bayu Catur Prabowo menyebutkan, banyak pelanggaran PSBB di wilayah check point pada hari kedua. Para pelanggar paling banyak dilakukan pengendara sepeda motor.

"Kendaraan roda dua yang memasuki Kota Bandung dalam satu hari bisa mencapai angka 57 ribu. Pelanggaran didominasi oleh motor yang berboncengan," ujar Bayu saat dihubungi IDN Times, Kamis (23/4).

1. Sanksi berdasarkan kesepakatan dan Perwal PSBB

Hari Kedua PSBB Bandung, Pengguna Motor Paling Banyak MelanggarDok.IDN Times/Istimewa

Bayu menjelaskan, seluruh pelanggar lalu lintas ditindak sesuai aturan yang telah disepakati antara Polrestabes Bandung dan Pemerintah Kota Bandung. Polisi juga berlakukan seluruh aturan atau sanksi tersebut sesuai Peraturan Wali Kota Bandung.

"Sementara ini seperti yang sudah dilihat bahwa yang berboncengan kita berikan blangko kemudian diminta untuk kembali lagi ke tempat asalnya," ungkapnya.

2. Pelanggar masih didominasi oleh kendaraan bermotor yang berboncengan

Hari Kedua PSBB Bandung, Pengguna Motor Paling Banyak MelanggarIDN Times/Humas Bandung

Bayu mengatakan, pada hari kedua penerapan PSBB di wilayah Kota Bandung Polisi akan lebih selektif lagi memberikan teguran atau sanksi pada pelanggar PSBB. Menurutnya, pelanggar memang belum terlalu banyak dan masih didominasi oleh kendaraan bermotor.

"Pelanggaran yang terjadi memang belum terlalu banyak dan itu didominasi oleh masih berboncengan sehingga hari ini kita mencoba lebih selektif lagi di dalam memberikan teguran ataupun peringatan," tuturnya.

3. Masyarakat sudah tertib menggunakan masker

Hari Kedua PSBB Bandung, Pengguna Motor Paling Banyak MelanggarIDN Times/Debbie Sutrisno

Menurut Bayu, untuk masyarakat Kota Bandung yang berkendara selama PSBB di hari kedua mulai tertib melakukan protokol pencegahan COVID-19 seperti menggunakan masker. Ia mengatakan, selain menggunakan masker masyarakat diminta tertib menaati Perwal Kota Bandung tentang PSBB.

"Untuk penggunaan masker itu sekarang sudah lebih tertib dan dari kemarin juga yang tidak menggunakan masker itu tidak terlalu banyak tapi yang berboncengan itu masih sangat banyak sehingga hari ini kita akan sedikit lebih tegas," jelasnya.

4. Persimpangan di wilayah Kota Bandung juga akan dipantau

Hari Kedua PSBB Bandung, Pengguna Motor Paling Banyak MelanggarIDN Times/Debbie Sutrisno

Selama PSBB di hari-hari berikutnya, Polrestabes Bandung juga akan memantau di wilayah persimpangan di luar 19 cek poin yang sudah ditetapkan. Menurutnya, ham tersebut dilakukan guna memaksimalkan penjagaan akses masyarakat Kota Bandung.

"Tidak hanya di cek poin batas luar Bandung saja tetapi nanti di tiap simpang di mana ada polisi lalu lintas di situ kita akan melaksanakan penindakan," kata Bayu.

Baca Juga: Hari Kedua PSBB Bandung Raya, Ribuan Kendaraan Masih Ramai di Jalan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya