H+2 Lebaran, Jalan di Jawa Barat Diterapkan Contraflow dan One Way

Penerapan di Jalan bebas hambatan dan arteri

Bandung, IDN Times - Sejumlah Jalan arteri hingga tol di Jawa Barat menerapkan skema lalu lintas contraflow dan one way atau satu arah di H+2 lebaran, Jumat (12/4/2024). Penerapan dilakukan guna menghindari kemacetan dari peningkatan volume kendaraan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat, Herman Suryatman mengatakan, berdasarkan pantauan langsung di lapangan Contraflow di tol Jakarta1Cikampek dan Cikampek-Palimanan pada H+2 lebaran masih diberlakukan. Adapun skema itu telah dilakukan pada saat arus mudik kemarin.

Contraflow diberlakukan secara tentatif baik di jalur tol Cipali hingga Cikampek maupun contraflow lalu lintas arah dari Garut ke Bandung. Serta pengalihan sementara kendaraan dari Bandung ke Garut ke jalan Cihuni.

"Sejumlah ruas jalan baik jalur biasa maupun bebas hambatan (jalan tol) akan dilakukan contraflow atau bisa juga one way, tergantung kepolisian melihat situasi lapangan," kata Herman.

1. Peningkatan volume kendaraan terjadi pada Senin pekan depan

H+2 Lebaran, Jalan di Jawa Barat Diterapkan Contraflow dan One WayIlustrasi macet (freepik.com/rawpixel)

Herman memastikan, arus balik diperkirakan akan terjadi pada Jumat hingga nantinya meningkat ada hari Sabtu sampai senin pekan depan. Ada beberapa titik yang akan menjadi perhatian saat arus balik nantinya, salah satunya puncak Bogor.

"Kami antisipasi kamacetan pada puncak arus balik yang menurut prediksi akan terjadi Sabtu sampai Senin ini," katanya.

2. Kendaraan banyak menuju arah Jawa Tengah

H+2 Lebaran, Jalan di Jawa Barat Diterapkan Contraflow dan One WayIlustrasi mudik ( ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Dilaporkan hingga H+2 Lebaran, secara umum lalu lintas di beberapa titik pengamatan terpantau lancar, seperti jalur Cijolang (Jalan Banjar-Majenang), lalu lintas lancar kecepatan rata-rata 46 kilometer per jam. Tercatat kendaraan ke arah Jateng 15.573 unit dan ke Jabar sejumlah 12.038 unit

Jalur Losarang, Indramayu, lalu lintas lancar kecepatan rata-rata 49 kilometer per jam. Kendaraan ke arah Jateng tercatat 41.685 unit dan ke Jabar sejumlah 31.057 unit.

Jalur Losari, Cirebon, lalu lintas lancar kecepatan rata-rata 43 kilometer per jam. Kendaraan ke arah Jateng sejumlah 42.807 unit dan ke Jabar sejumlah 34.874 unit.

3. Arus lalu lintas kendaraan tergolong lancar

H+2 Lebaran, Jalan di Jawa Barat Diterapkan Contraflow dan One Waygoogle

Sementara itu terpantau terdapat titik kemacetan di sekitar jalur lintas selatan di sekitar Limbangan (arah Tasikmalaya) dan Kadungora (arah Garut).

Arus lalu kinta kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat yang melintas di Jalan Kedawung (Kecamatan Weru) dan Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon menuju arah Jawa Barat dan DKI Jakarta aman lancar.

Sementara arus lalu lintas dari wilayah Banjar dari Jawa Tengah menuju Bandung juga terpantau lancar. Diperkirakan peningkatan arus lalu lintas akan terjadi pada Sabtu-Minggu (13-14/4/2024)

Baca Juga: Deretan Peristiwa Lalu Lintas di Jabar Sepanjang Arus Mudik 2024

Baca Juga: Zakat Fitrah di Jabar Capai Rp514 Miliar Selama Ramadan 2024

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya