Grasak Grusuk Mantan Wagub Jabar di Pilkada 2024 

Uu ingin maju di Pilgub Jabar tapi daftar Pilwakot Tasik

Bandung, IDN Times - Mantan Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum tengah melakukan banyak manuver politik jelang Pilkada 2024. Tokoh PPP yang sebelumnya digadang-gadang maju di Pilgub Jabar kini turut mendaftarkan diri untuk Pilwakot Tasikmalaya.

Pendaftaran Uu sebagai calon Wali Kota Tasikmalaya ini disampaikan langsung oleh Ketua Brigade Hurriyatul Um­mah (Barhu), Ujang Supriatna. Dia menyatakan bahwa mendapat mandat untuk mendaftarkan Uu lewat DPC PPP.

Adapun Uu saat itu tidak bisa datang dan mengisi pendaftaran langsung karena tengah mengikuti kegiatan wisuda akbar di Ponpes Miftahul Huda Manonjaya. Menurutnya pendaftaran ini sangat penting untuk umat.

"Pertimbangan Pak Uu yaitu untuk kembali menata Tasik­malaya, untuk membangun Kota Tasikmalaya yang sangat perlu dengan sosok Pak Uu," kata Ujang, Senin (22/4/2024).

1. Uu berambisi maju di Pilgub Jabar

Grasak Grusuk Mantan Wagub Jabar di Pilkada 2024 Wakil Gubernur Jawa Barat UU Ruzhanul Ulum (IDN Times/Istimewah).

Sementara, Uu Ruzhanul Ulum sendiri membenarkan bahwa dirinya turut mendaftarkan diri menjadi calon Wali Kota Tasikmalaya melalui PPP. Dia memastikan pendaftaran ini tetap tidak akan memengaruhi niatnya untuk maju sebagai Gubernur Jawa Barat di Pilgub 2024.

"Betul saya ke situ (Pilgub Jabar) karena saya kan sudah menjadi pimpinan di Jabar. Manusiawi ya, sudah satu ingin dua, sudah injak tahap pertama dan ini kedua, tapi politik harus sesuai realita," tutur Uu, Rabu (24/4/2024).

2. Uu sudah menjalin komunikasi politik dengan partai politik lain

Grasak Grusuk Mantan Wagub Jabar di Pilkada 2024 IDN Times / Istimewah

Niat untuk maju dalam kontestasi Pilgub Jawa Barat 2024 ini dibuktikannya dengan melakukan berbagai komunikasi politik dari beberapa tokoh partai yang ada di Jawa Barat. Namun dia memastikan komunikasi dijalin atas nama pribadi tidak membawa partai politik.

"Saya tetap ikhtiar, saya sudah dikasih izin ketua umum (PPP) untuk bertemu dengan para petinggi partai dan saya sudah lakukan. Saya besok dipanggil oleh Ketum di Jakarta," tuturnya.

3. Keputusan maju Pilgub atau Pilwakot tergantung partai

Grasak Grusuk Mantan Wagub Jabar di Pilkada 2024 Abdul Halim/IDN Times

Uu sendiri tidak menjelaskan secara rinci jika dirinya maju dalam Pilgub Jabar, apakah akan mengundurkan diri di Pilwakot Tasikmalaya atau justru memilih tetap maju. Menurutnya, keputusan itu nantinya akan ditentukan partai politik.

"Sebagai kader, kembali ke partai. Karena salah satu sukses kader baik adalah samikna waatokna sama partai," kata dia.

Uu juga terang-terangan ingin kembali maju Pilgub Jawa Barat 2024 bersama Ridwan Kamil untuk periode kedua. Bahkan dia sudah berkomunikasi dengan elit politik Partai Golkar Jawa Barat.

"Kalau Pak RK ke sini (Jabar) saya jelas 100 persen ingin dengan Pak RK, saya akan bersama beliau seperti periode kemarin. Saya ingin dengan Pak RK makanya saya berkomunikasi dengan partai yang menaungi Pak RK," kata dia.

4. PPP buka peluang usung kader lain di Pilgub Jabar

Grasak Grusuk Mantan Wagub Jabar di Pilkada 2024 Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum (Dok. Pemprov Jabar)

Sementara itu Plt Ketua DPW PPP Jawa Barat, Pepep Saepul Hidayat mengatakan, soal Uu Ruzhanul Ulum yang hendak maju kembali di Pilgub Jabar dipastikan baru sebatas keinginan pribadi, belum keinginan partai.

"Bahwa yang menyampaikan niat, iya, itu pak Uu niat mau maju (Pilgub). Partainya belum, karena ada mekanismenya. Itu keinginan Pak Uu untuk mencalonkan, sementara kami masih menunggu peluang yang tersaji," ujar Pepep saat dikonfirmasi, Senin (22/4/2024).

Pepep memastikan, PPP masih belum menentukan sosok siapa yang akan diusung untuk Pilgub Jawa Barat. Adapun saat ini partai berlambang kakbah ini masih fokus mengawal semgketa Pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kami masih menampung aspirasi dari kader di cabang, masyarakat, dan dari internal ataupun obrolan dengan partai lain tetapi secara spesifik masih belum fokus sebagian juga masih konsolidasi untuk pengawalan ke MK," katanya.

Meski begitu, Pepep mengaku tengah melirik beberapa kader lain yang telah bekerja maksimal dalam pemilu 2024. Dia menegaskan, PPP juga memiliki beberapa kader lain selain Uu Ruzhanul Ulum.

"Kami kan Hamida itu tidak ada hanya Pak Uu tapi ada Pak Asep Ahmad Maoshul Affandy yang pergerakan massif. Background-nya dia pimpinan Hamida," katanya.

Baca Juga: Pilgub Jabar 2024: Uu Ruzhanul Mulai PDKT ke Dedi Mulyadi

Baca Juga: Profil Bima Arya, Pensiun Wali Kota Bogor Digadang Maju Pilkada Jabar

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya