Golkar Kebanjiran Figur Pendamping Ridwan Kamil di Pilgub Jabar

Beberapa partai sudah siap berkoalisi

Bandung, IDN Times - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Barat (Jabar) kini banyak disambangi partai politik lain untuk berkoalisi di Pilgub Jabar 2024. Selain itu, mereka menyodorkan beberapa nama untuk mendampingi Ridwan Kamil dalam memperebutkan kursi orang nomor satu di Jabar.

Beberapa partai yang sudah terang-terangan menjalin komunikasi dan menyodorkan nama untuk menjadi pendamping Ridwan Kamil jika maju ke Pilgub Jabar ada PAN dan PDI-P. Dari PAN sendiri Bima Arya sudah menyatakan siap bersama Ridwan Kamil. Sementara, ketua PDI-P Jawa Barat, Ono Surono juga siap.

Bahkan, beberapa partai sudah menyatakan bersedia untuk berkoalisi bersama di Pilgub Jabar. Hal ini disampaikan langsung oleh Sekretaris DPD Golkar Jabar, MQ Iswara.

"Demokrat sudah datang dan menyatakan siap berkoalisi. PAN sama sudah. PSI sama. Bahkan PDIP Alhamdulillah juga Pak Ono sudah datang kesini dan siap. Sudah berapa itu," ujar Iswara, Senin (27/5/2024).

1. Survei Ridwan Kamil cukup tinggi

Golkar Kebanjiran Figur Pendamping Ridwan Kamil di Pilgub JabarRidwan Kamil (facebook.com/mochamadridwankamil)

Partai Golkar sendiri kini masih ingin mendorong Ridwan Kamil alias Emil untuk maju kembali ke Pilgub Jabar. Meskipun Emil mengantongi tiket untuk maju ke Pilgub DKI Jakarta.

Keinginan mendorong Emil maju Pilgub Jabar bukan tanpa alasan, sebab kata Iswara, saat ini elektabilitas Ridwan Kamil cukup tinggi

"Untuk popularitas, angkanya sudah 97,5 persen. Kemudian di akseptabilitas 93,6 persen. Top of mind juga tertinggi dan yang paling penting di tingkat kepuasan publik, terhadap kinerja Kang Emil sangat tinggi. 91,8 persen," kata Iswara, Senin (27/5/2024).

2. Berbagai opsi juga dipersiapkan

Golkar Kebanjiran Figur Pendamping Ridwan Kamil di Pilgub JabarSekretatis DPD Partai Golkar Jawa Barat MQ Iswara(Dok/Istimewa)

Dengan hasil itu, beberapa partai politik mulai mendekat ke Golkar. Iswara mengungkapkan, beberapa opsi akan tetap disiapkan untuk Pilgub, sebab Ridwan Kamil hingga saat ini masih belum memutuskan apakah akan maju ke Pilgub DK Jakarta atau Jabar.

"Kita Golkar sudah menyiapkan opsi bagaimana Kang Emil di DKI, bagaimana di Jabar. Di Jabar aman, tinggal cari pasangan untuk wakil. Kalau ke DKI, Golkar tidak kekurangan kader. Beberapa nama sudah kita godok," jelasnya.

3. Ridwan Kamil berpotensi menang kembali jika maju ke Jabar

Golkar Kebanjiran Figur Pendamping Ridwan Kamil di Pilgub JabarMantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Meski begitu, Iswara optimistis Ridwan Kamil akan tetap ditunjuk untuk maju Pilkada Jabar. Mengingat, berdasarkan survei internal ketika nama Ridwan Kamil di sandingkan dengan beberapa nama lainnya masih tetap unggul.

"Karena dari semua survei. Termasuk yang kemarin dilakukan dan simulasi, dengan semua kompetitor lain Alhamdulillah Kang Emil unggul sangat tinggi," kata dia.

Baca Juga: Polda Jabar Tak Lagi Cari DPO Pelaku Pembunuh Vina Cirebon 

Baca Juga: Rilis Kasus di Polda Jabar, Pegi Setiawan Bantah Bunuh Vina-Rizky

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya