Gelar Stand UP Comedy, KPU Jabar: Pilkada Harus Riang Gembira

Acara serupa bakal digelar di tingkat kabupaten dan kota

Bandung, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat mengajak masyarakat menciptakan suasana Pilkada 2024 secara riang gembira. Salah satu caranya dengan menyelenggarakan kontes Stand Up Comedy Kepemiluan yang berlangsung di Kantor KPU Jabar, Kota Bandung, Rabu (11/9/2024).

Ketua KPU Jabar, Ummi Wahyuni mengatakan, kontes komedi ini menjadi yang pertama kali digelar setelah sepuluh tahun dirinya mengabdikan diri di lembaga penyelenggaran pemilu ini.

"Saya sangat mengapresiasi hari ini, bagaimana menawarkan pendidikan pemilih untuk teman-teman masyarakat dapat inovasi yang berbeda," ucap Ummi melalui keterangan resmi dikutip Kamis (12/9/2024).

1. Kegiatan ini digelar sesuai tema Pilkada 2024

Gelar Stand UP Comedy, KPU Jabar: Pilkada Harus Riang Gembira(Humas/KPU Jabar)

Melalui kontes Stand Up Comedy Kepemiluan, KPU Jabar, kata dia ingin menciptakan pesta demokrasi ini sesuai dengan tema Pilkada 2024 yakni Gembira Memilih Langsung (Gemilang).

"Setelah saya sepuluh tahun di KPU, baru kali ini kami mengadakan lomba seperti ini dengan mengundang komunitas stand up dan kami ingin sesuai dengan tema KPU Provinsi Jawa Barat hari ini ‘Gemilang ’ alias Gembira Memilih Langsung," katanya.

Lebih lanjut, Ummi mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menciptakan Pilkada 2024 yang berlangsung pada 27 November mendatang dengan riang gembira.

"Mari jadikan pelaksanaan demokrasi, pesta pilkada serentak kita di Jawa Barat dengan riang gembira, datang pada tanggal 27 November 2024 demgan riang gembira. Membawa seluruh sanak keluarga, mengajak masyarakat untuk datang ke TPS, untuk memilih pemimpin daerah masing-masing," tuturnya.

2. Kabupaten dan kota akan turut menggelar acara serupa

Gelar Stand UP Comedy, KPU Jabar: Pilkada Harus Riang Gembira(Humas/KPU Jabar)

Sementara itu, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU Jabar, Hedi Ardia mengatakan, kontes komedi tunggal ini juga akan diselenggarakan di KPU tingkat daerah.

"Setelah KPU Jabar membuat kegiatan seperti ini, beberapa hari yang akan datang di semua KPU kabupaten/kota akan melakukan kegiatan serupa," ucap Hedi.

Ia mengajak para peserta yang telah mengikuti Stand Up Comedy Kepemiluan di tingkat provinsi untuk kembali mengikuti kontes seru di daerahnya masing-masing.

"Anggap saja ini pemanasan temen-temen karena di KPU kabupaten/kota akan melakukan kegiatan yang serupa. Mudah-mudahan bisa ikut meramaikan kegiatan di setiap kabupaten/kotanya masing-masing," katanya.

3. Para peserta sudah diseleksi terlebih dahulu

Gelar Stand UP Comedy, KPU Jabar: Pilkada Harus Riang Gembira(Humas/KPU Jabar)

Menurutnya, teknis penjaringan peserta dan penjurian pun akan sama seperti yang telah dilakukan KPU Jabar.

"Kira-kira seperti yang provinsi lakukan, pengumuman untuk menjaring peserta sebanyak-banyaknya, memanfaatkan media sosial atau media apapun yang kiranya bisa menyebar luaskan informasi kegiatan ini," ujar dia.

"Selanjutnya nanti diaudisi, lalu diambil sepuluh pesera untuk masuk ke dalam grand final," lanjut Hedi.

Salah satu dewan juri, Kamal Ocon mengatakan, orisinalitas dan penyampaian materi menjadi salah satu bahan penilaian dalam kontes ini.

"Ada beberapa penilaian dari juri seperti Delivery (penyampaian), orisinalitas materi dan pitch control. Ini durasi juga hanya 4 menit jadi para peserta juga harus disiplin dengan waktu," ucap Kamal.

Selain itu, materi kontestan pun tidak boleh berpihak kepada salah satu calon atau partai politik tertentu.

"Materi juga ada peraturannya, tidak boleh yang menguntungkan salah satu calon atau partai, tidak boleh yang kasar, tidak boleh yang berbau pornografi," ungkapnya.

Berikut ini daftar peserta dan pemenang Stand Up Comedy Kepemiluan KPU Jabar:

- Aldi Burik - Kuningan (Juara 1)
- Yadi Badott - Bandung (Juara 2)
- Opik Ghaling - Bandung (Juara 3)
- Darda Dhamara - Bogor
- Kaleng - Bandung
- Ferry Oday - Cimahi
- Chincans - Bandung
- Deef Kobun - Bandung
- Wahyu Alam - Sukabumi
- Farhan Sulap - Bandung

Baca Juga: Atlet Muaythai dan Judo Jabar Borong Medali Emas di PON XXI/2024

Baca Juga: Mengintip Garasi Otomotif Bakal Calon Gubernur Jabar 2024

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya