Gegara Setnov-Nurhadi, Dua Napi Koruptor Ribut di Lapas Sukamiskin

Perselisihan terjadi antara Irvanto dan Amiril

Bandung, IDN Times - Gegara terpidana korupsi Setya Novanto dan mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi, dua napi koruptor diduga ribut di Lapas Sukamiskin. Keduanya diduga berselisih dan beradu fisik di dalam lapas.

Kepala Lapas (Kalapas) Sukamiskin, Elly Yuzar mengatakan bahwa keributan terjadi bukan dari keduanya. Melainkan mantan Direktur PT Murakabi Sejahtera Irvanto Hendra Pambudi Cahyo dan Amiril Mukminin mantan sekretaris pribadi eks Menteri KKP, Edhy Prabowo.

"Jadi, yang ribut itu bukan Setya Novanto ataupun Nurhadi. Melainkan, saya katakan, itu Irvanto dengan Amiril," ujar Elly, Rabu (2/3/2022).

1. Keduanya ricuh karena masa lalu

Gegara Setnov-Nurhadi, Dua Napi Koruptor Ribut di Lapas SukamiskinTerpidana kasus mega korupsi KTP Elektronik Setya Novanto yang merupakan eks Ketua Umum Partai Golkar (ANTARA FOTO/Putra Haryo Kurniawan)

Meski begitu, Elly mengatakan, ribut antara Irvanto dan Amiril itu berawal dari Novanto dan Nurhadi. Ia menjelaskan, Irvanto yang merupakan pro dari Novanto kurang suka dengan sikap Nurhadi yang saat itu didukung oleh Amiril. Sehingga, keributan antara keduanya terjadi.

"Nah jadi kan karena Pak Nurhadi komunikasi nggak nyambung kan begitu, dia tarik mundur lah tidak deket bener lah standar saja. Diledek-ledekin lah 'ini orang baru nih dengan senior' kan begitu, tidak sama seperti yang lain," ungkapnya.

2. Irvanto telah diberikan hukuman

Gegara Setnov-Nurhadi, Dua Napi Koruptor Ribut di Lapas SukamiskinSumber Gambar: liputan6.com

Dengan kondisi itu, Elly mengatakan bahwa Lapas Sukamiskin sudah memberikan sikap langsung terhadap keributan yang terjadi antar keduanya. Saat ini, Elly bilang, Irvanto yang memukul Amiril langsung menjalani sanksi pengurungan di sel-nya selama enam hari.

"Ya sanksi apapun bentuknya walaupun sudah Damai, Irvanto tetap kita sel karena nonjok duluan. Sudah kita hukum. Di tempat dia tak boleh keluar kamar," ucapnya.

3. Sebelumnya Setnov dikabarkan adu jotos dengan Nurhadi

Gegara Setnov-Nurhadi, Dua Napi Koruptor Ribut di Lapas Sukamiskinmerdeka.com

Kemudian, Elly menambahkan, Lapas Sukamiskin memastikan bahwa insiden ini sudah rampung. Perdamaian antara Irvanto dan Amiril sudah diselesaikan dengan baik dan tidak ada lagi keributan yang terjadi usai penjatuhan sanksi.

"Sudah selesai lama. Begitu ini sudah selesai. Sudah pernyataan hitam di atas putih," kata dia.

Untuk diketahui, sebelumnya muncul kabar bahwa Setya Novanto dan mantan Sekretaris Mahkamah Agung Nurhadi dikabarkan berselisih di Lapas Sukamiskin. Hal itu dibenarkan juga oleh Ditjen Pemasyarakatan.

Baca Juga: Eks Sekretaris MA Nurhadi Dijebloskan ke Lapas Sukamiskin

Baca Juga: Nurdin Abdullah Jalani Hukuman di Lapas Sukamiskin Bandung

Topik:

  • Yogi Pasha
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya