Ganjar Pranowo Temui Budi Dalton, Bahas Perkembangan Seni Budaya Jabar

Ganjar mendapatkan banyak masukan dari para seniman

Bandung, IDN Times - Bakal calon presiden Ganjar Pranowo mengunjungi deretan seniman dan budayawan Sunda, salah satunya Budi Dalton di kediamannya, Jalan Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat, pada Rabu (4/10/2023).

Dalam momentum ini, turut hadir beberapa tokoh kenamaan Kota Bandung seperti Eddi Brokoli, Man Jasad, Bhatara Sunandar Sunarya, Ronald Suriapradja, Dellu Uyeee, Trie Utami, Purwacaraka.

Tak hanya itu, ada pula Decky Sastra, Taufik Udjo, Yudjeng Hensem, Mang Saswi, Ahmed Sahara, hingga Tom Tom The Titans.

1. Ganjar senang bisa bertemu para seniman, budayawan, dan musisi Jabar

Ganjar Pranowo Temui Budi Dalton, Bahas Perkembangan Seni Budaya Jabar(Istimewa)

Pertemuan Ganjar dan para musisi, seniman hingga budayawan ini berlangsung selama kurang lebih 1,5 jam. Dia mengaku senang karena akhirnya bisa menyempatkan waktu untuk bersilahturahmi dengan mereka.

"Tentu saja senang ketemu dengan seniman, budayawan di Jawa Barat," kata Ganjar di lokasi.

Ganjar menyatakan bahwa ia mendapat banyak masukan terkait startegi seni dan budaya agar tetap bisa berjalan sebagaimana mestinya. Adapun masukan ini akan dijadikan bahan untuk memajukan seni dan budaya ke depannya.

"Saya senang ketemu dengan seniman, budayawan Jabar yang banyak memberikan masukan ke saya tentang strategi kebudayaan, apa pentingnya kebudayaan, dan tentu saja bagaimana agar budaya itu bisa berjalan," katanya.

2. Ganjar banyak dapat masukan soal strategi memajukan budaya

Ganjar Pranowo Temui Budi Dalton, Bahas Perkembangan Seni Budaya Jabar(Istimewa)

Sebagai bakal Calon Presiden, Ganjar juga sangat terbuka untuk mendengarkan masukan dari Budi Dalton dan kawan-kawan dalam membuat strategi perihal kebudayaan.

"Saya mendengarkan kawan-kawan seniman budayawan ini, ‘bantu dong saya untuk membuat startegi kebudayaan’. Agar kita sebagai bangsa itu betul-betul punya kepribadian dalam kebudayaan itu dan ternyata idenya canggih-canggih," katanya.

Lebih lanjut, Ganjar menegaskan komitmennya agar budaya Indonesia terus berkembang dan tidak tergantikan dengan budaya lainnya.

"Nasib senimannya dipikirkan, kedua budaya kita jangan sampai tergantikan bahkan bisa dikembangkan. Jadi saya minta tolong agar ada follow up, dan mereka akan menyiapkan timnya untuk berkumpul dan membuat sesuatu dan saya akan menunggu itu," ujar Ganjar.

3. Budi Dalton banyak berikan masukan pada Ganjar

Ganjar Pranowo Temui Budi Dalton, Bahas Perkembangan Seni Budaya Jabar(Istimewa)

Sementara itu Budi Dalton menyampaikan bahwa ia bersama Ganjar saling bertukar pikiran terkait dengan seni dan budaya yang di Indonesia.

"Jadi poinnya sebelumnya kita menggantungkan harapan yang kurang lebih sebelumnya dilakukan berkaitan dengan kebudayaan, lalu ke depannya akan seperti apa," katanya.

Budi menambahkan, saat bertemu dengan Ganjar ia juga menyampaikan keluh kesah yang dirasakan oleh para budayawan saat ini. Dia berharap bilamana terpilih menjadi presiden Indonesia kelak, Ganjar bisa menghadirkan solusi.

"Tapi ini artinya bukan sebuah permintaan atau apa, ini hanya brainstroming. Poinnya silahturahmi," kata dia.

Baca Juga: Senyum Mega saat Terima Lagu Ganjar Siji Ganjar Kabeh dari Encik

Baca Juga: Ganjar Dijadikan Anak Angkat Mantan Gubernur Jabar Solihin GP

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya