Gandeng Yayasan IRL Jabar, Pemkot Bandung Resmikan Sekolah Lansia ke-2

Rencananya Pemkot Bandung akan buat dua Sekolah Lansia lagi

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung kembali meluncurkan Sekolah Lansia ke dua di Sukajadi, Rabu (5/2). Sekolah Lansia kedua tersebut diresmikan hasil kerja sama Pemkot Bandung dengan Indonesia Ramah Lansia (IRL) Provinsi Jabar.

Sebelumnya Pemkot Bandung dengan IRal Jabar telah meresmikan sekolah Lansia di Kecamatan Antapani. Ke depan Pemkot Bandung juga membangun Sekolah Lansia di Kecamatan Ujung Berung dan Cinambo.

"Rencana akan dibangun juga di dua kecamatan lainya, di Ujung Berung dan Cinambo akan dibangun," ujar Waki Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, Rabu (5/2).

Baca Juga: Cegah Virus Corona, Pemkot Bandung Awasi Bawang Putih Asal Tiongkok 

1. Sekolah Lansia Bandung didirikan untuk menjaga produktivitas lansia

Gandeng Yayasan IRL Jabar, Pemkot Bandung Resmikan Sekolah Lansia ke-2IDN Times/Yogi Pasha

Yana mengatakan, pendirian sekolah lansia dimaksudkan untuk meningkatkan harapan hidup lansia Kota Bandung. Selain itu, bagi lansia yang berminat diharapkan langsung mendaftarkan diri agar segera diberikan berbagai materi.

"Materi yang diberikan ada soal keagamaan dan lainnya. Namun diutamakan pertolongan pertama dalam keadaan darurat, pelatihan keterampilan sehingga mandiri dan produktif," tuturnya.

Baca Juga: Kekaisaran Sunda Empire Runtuh di Tangan Polda Jabar

2. Sejalan dengan misi Kota Bandung agar menjadi Kota ramah Lansia

Gandeng Yayasan IRL Jabar, Pemkot Bandung Resmikan Sekolah Lansia ke-2IDN Times/Yogi Pasha

Yana menjelaskan, materi dan kurikulum yang akan diberikan kepada Lansia dan langsung disiapkan dari yayasan IRL Jabar. Materi yang dirancang pun kata dia, sejalan dengan rencana pemerintah Kota Bandung yang ingin mendorong Kota menjadi ramah lansia.

"Sesuai tertuang di Raperda Ramah Lansia, ini program bandung ramah Lansia. Jadi kami sediakan Sekolah Lansia. ujungnya dia mandiri produktif dan sehat," katanya.

Baca Juga: Belum Berakhir, Polisi Panggil Tujuh Anggota Kekaisaran Sunda Empire

3. Sekolah Lansia merupakan program unggulan yayasan IRL

Gandeng Yayasan IRL Jabar, Pemkot Bandung Resmikan Sekolah Lansia ke-2IDN Times/Azzis Zulkhairil

Sedangkan Direktur IRL Jabar, Susyana Nugraha mengatakan, Sekolah Lansia yang saat ini dikerjasamakan dengan Pemkot Bandung merupakan program yayasan. Sebelumnya telah dibuat juga Sekolah Lansia di Kecamatan Antapani.

"Sekolah Lansia merupakan program unggulan kami. Jadi kami berikan berbagai materi di Sekolah Lansia. Seperti dulu ada lansia lupa nama istri, sekarang jadi ingat," jelasnya.

Baca Juga: Inilah Kekuatan Sunda Empire Sebelum Hancur di Tangan Polda Jabar

4. Banyak materi yang diberikan IRL kepada lansia Kota Bandung

Gandeng Yayasan IRL Jabar, Pemkot Bandung Resmikan Sekolah Lansia ke-2IDN Times/Galih Persiana

Susyana menambahkan, Sekolah Lansia juga memberikan pelajara untuk lansia menjaga kesehatan. Siswa lansia nantinya akan dikenakan beberapa penyakit menular dan tidak menular. Semua materi akan diberikan selama 12 pertemuan.

"Sekolah lansia ada 12 pertemuan materinya mengenai pengenalan proses penuaan agar paham kalau yang tidak paham biasanya jadi down, gizi untuk lansia terkait perubahan lansia, pengenalan penyakit tidak menular. ada aktivitas fisik," kata dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya