Gak Ada Bonus di Bandung, Ridwan Kamil: Jangan Sampai Atlet Pundung

Oded masih pusing siapkan anggaran untuk bonus atlet

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung masih bingung menyediakan anggaran untuk memberikan bonus atau uang kadeudeuh kepada atlet yang berhasil meraih 107 medali di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, Pemkot Bandung saat ini belum mempunyai anggaran untuk memberi bonus kepada para atlet peraih medali di PON Papua.

Kadeudeuh untuk atlet, belum ada anggaran nanti kita lihat perkembangan,” ucap Oded M Danial, Senin (18/10/2021).

Oded hanya berharap, pemberian bonus para atlet PON termasuk di Kota Bandug bisa diberikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Sebab, menurut Oded, terkait pemberian bonus bagi para atlet bukan merupakan tanggung jawab Pemerintah Kota Bandung.

"Itu tanggung jawab gubernur bukan Pemkot (Bandung), itu urusan provinsi," ujar Oded di Balai Kota Bandung, Kamis (14/10/2021).

Menanggapi hal itu, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil alias Emil mengatakan, pemberian bonus memang merupakan diskresi atau kebijakan yang bisa ditentukan oleh masing-masing kepala daerah.

Ia menjelaskan, atlet yang berlaga dari Kota Bandung, kemudian naik mewakili Jabar. Sehingga, pemberian bonus atau kadedeuh bisa dilakukan di tingkat Kabupaten-Kota dan Pemprov Jabar.

"Makanya waktu Olimpiade kan bukan level provinsi saja, tapi kan Widya Cantika kita kasih, Sinisuka Ginting kita kasih walau d level pusat juga dikasih, pulang juga dikasih," ujar Emil saat melihat karantina atlet di Hotel Horizon, Bandung, Selasa (19/10/2021).

1. Ridwan Kamil minta koordinasi Pemkot Bandung dan atlet harus baik

Gak Ada Bonus di Bandung, Ridwan Kamil: Jangan Sampai Atlet PundungRidwan Kamil, Gubernur Jabar, (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

Dalam persoalan Kota Bandung yang menyebutkan tidak memiliki anggaran dan meminta Pemprov Jabar untuk memberikan bonus langsung. Menurut Emil, hal itu tidak menjadi soal, hanya saja jangan sampai koordinasi dengan atlet tidak baik.

"Di level kota dan kabupaten ada atau tidak ada itu diskresi, jadi saya tidak bisa menilai karena keterbatasan atau apa, jangan sampai atletnya pundung," kata dia.

2. Ada 258 atlet Kota Bandung yang berhasil menyumbang medali untuk Jabar

Gak Ada Bonus di Bandung, Ridwan Kamil: Jangan Sampai Atlet PundungIDN Times/Humas Bandung

Humas KONI Kota Bandung Oce Permana mengatakan, tidak adanya bonus untuk atlet peraih medali dari Pemkot Bandung belum bisa dipastikan. Saat ini, pemerintah masih berusaha agar para atlet bisa mendapatkan bonus.

Namun, kata dia, KONI Kota Bandung akan tetap legowo dan bersabar menanti. Tetapi, bonus bagi para atlet akan tetap diperoleh dari Pemerintah Provinsi Jabar.

"Sekarang, kami diam dulu, legowo saja sekarang mah, sabar. Pemerintah lagi berusaha. Antisipasi dulu sama Jawa Barat. Dari Jabar pasti katanya. Tapi, nilainya belum tahu berapa, dijanjikan ratusan juta untuk emas," kata Oce saat dihubungi, Selasa(19/10/2021). 

3. Jangan sampai atlet Kota Bandung kabur ke daerah lain saat Porda

Gak Ada Bonus di Bandung, Ridwan Kamil: Jangan Sampai Atlet PundungWali Kota Oded M. Danial (IDN Times/Istimewa)

Oce mengungkapkan, tidak adanya anggaran untuk bonus para atlet ini juga bakal menjadi perhatian KONI Kota Bandung. Menurut dia, KONI sedang membahas persoalan ini dengan Tim Prestasi (Timpres) sebagai antisipasi. Sebab, pembinaan yang selama ini sudah dibangun dan dijaga, jangan sampai para atlet pindah ke daerah (kabupaten/kota) saat ajang olahraga lainnya.

"Ini di KONI juga sedang dibicarakan antisipasi dengan timpres. Ada saja kekhawatiran seperti itu nanti. Tapi, kami ikuti kebijakan pemerintah saja," kata Oce.

Baca Juga: Sempat Janjikan Bonus, Sekarang Oded Pusing Berikan Kadeudeuh Atlet PON

Baca Juga: Soal Bonus Atlet Asal Bandung, Oded: Itu Urusan Gubernur

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya