Gagal Jadi Venue Piala Menpora 2021, Dewan Soroti Kinerja Dispora! 

PT LIB lebih pilih Si Jalak Harupat dibandingkan GBLA

Bandung, IDN Times - Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Bandung menyoroti kinerja Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung setelah Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) tidak terpilih menjadi venue Piala Menpora 2021.

Anggota Komisi C DPRD Kota Bandung, Folmer SM Silalahi mengatakan, PT LIB memilih Stadion Si Jalak Harupat dibandingkan dengan GBLA tentunya bukan tanpa alasan. Menurutnya, faktor paling kuat yaitu soal fasilitas.

"Sangat disayangkan yah, dengan anggaran dibangun Rp600 miliar lebih tidak terpakai. Nganggur," ujar Folmer saat dihubungi IDN Times, Selasa (9/3/2021).

1. Perawatan harus dilakukan secara maksimal

Gagal Jadi Venue Piala Menpora 2021, Dewan Soroti Kinerja Dispora! IDN Times/Istimewa

Stadion GBLA saat ini sudah dikelola oleh Pemkot Bandung dalam hal ini Dinas Pemuda dan Olahraga, Folmer menuturkan, seharusnya setelah resmi dikelola perawatan lebih dimaksimalkan kembali.

"Persoalan terkait permasalahan pengelolaan ini sudah selesai. Pemerintah Kota Bandung harusnya bisa memanfaatkannya kembali lagi," ungkapnya.

2. Dispora harusnya jangan biarkan GBLA menganggur begitu saja

Gagal Jadi Venue Piala Menpora 2021, Dewan Soroti Kinerja Dispora! Foto udara Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/7/2020) (ANTARA Foto/Raisan Al Farisi)

Bangunan yang megah sekian lama tahun tidak dirawat secara maksimal. Folmer menilai, hal ini banyak yang perlu direvitalisasi kembali dan perlu dipikirkan oleh Dispora Kota Bandung.

"Ini sebenarnya pemanfaatan yang ideal untuk dunia olahraga Kota Bandung seperti apa, kalau kita masih gunakan anggaran APBD dan pemeliharaan di situasi pandemik ini dipikirkan," tuturnya.

3. Pengelolaan pihak ketiga patut diperhitungkan

Gagal Jadi Venue Piala Menpora 2021, Dewan Soroti Kinerja Dispora! Foto udara Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/7/2020) (ANTARA Foto/Raisan Al Farisi)

Persoalan pemeliharaan tidak melulu melalui keterbatasan anggaran. Folmer bilang, bisa saja menggunakan skema kerja sama dengan pihak ketiga, sehingga mendapatkan kucuran dana dari investor sehingga pengelolaan bisa maksimal.

"Mereka juga punya program jauh lebih inovatif dibandingkan pemerintahan Kota Bandung jadi ini bisa kembali dilakukan melengkapi fasilitas stadion kelas Internasional," katanya.

"Harus inovasi jangan hanya dibiarkan seperti tidak punya ruh untuk orang melakukan kegiatan olahraga," tambahnya.

4. Sebelumnya Pemkot Bandung cukup pede Stadion GBLA bakal dipilih PT LIB

Gagal Jadi Venue Piala Menpora 2021, Dewan Soroti Kinerja Dispora! bola.com

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan bahwa
Stadion GBLA direncanakan akan menjadi venue turnamen pramusim Piala Menpora 2021. Adapun sebelumnya GBLA sempat menjadi sorotan karena terdapat kolam ikan di tribun timur.

"Itu secara teknis tidak mengganggu fungsinya yah, karena itu di parit ya itu karena hujan, dengan intensitas tinggi, siap Insyallah," ujar Yana di Balai Kota Bandung, Selasa (2/3/2021).

Pemkot Bandung bersama PT. LIB saat ini sudah membahas terkait hal-hal teknis. Yana menuturkan, beberapa hal yang kini sedang dimonitoring yaitu kondisi di dalam lapangan GBLA.

Yana berharap PT. LIB sebagai penyelenggara dapat mempertimbangkan Stadion GBLA dijadikan sebagai salah satu venue Piala Menpora 2021. Pemkot Bandung memastikan GBLA layak untuk menggelar pertandingan.

"Piala Menpora untuk veneu itu ditunjuk ole PT. LIB, berbeda dengan Liga yang diajukan oleh Panpel setempat, sepenuhnya keputusan ada di PT LIB karena punya pertimbangan teknis dan lainnya," tuturnya.

Di tempat yang sama, Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita mengatakan bahwa untuk di Jawa Barat terdapat dua opsi veneu pertandingan turnamen Piala Menpora 2021. Keduanya yaitu Stadion GBLA dan Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung.

"Memang dari kepolisian kami mendapat izin Bandung itu dua stadion, tentunya itu akan menjadi pertimbangan kami untuk memverifikasi secara objektif, jadi kami baru akan memutuskan setelah verifikasi keduanya," kata Akhmad.

Baca Juga: [BREAKING] Hasil Undian Piala Menpora 2021: Neraka Ada di Grup B

Baca Juga: Target Persib di Piala Menpora, Robert: Turnamen Ini Tak Penting

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya