Eros Djarot Sebut Empat Nama Calon Duet Ganjar, Ada Ridwan Kamil?

Ridwan Kamil harus siap jika dipilih dan tak terpilih

Bandung, IDN Times - Budayawan dan politikus Eros Djarot menyebutkan empat nama yang berpotensi dipilih sebagai bakal calon wakil presiden (Bacawapres) Ganjar Pranowo. Empat nama ini salah satunya adalah nama mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Eros mengatakan, selain Ridwan Kamil ada juga nama lain yaitu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD; mantan Panglima TNI, Andika Perkasa; dan Menparekraf Sandiaga Uno.

"Ada potensinya, bukan hanya RK (Ridwan Kamil) ya tapi ada juga Pak Mahfud MD, Sandiaga Uno, Andika Perkasa, jadi tinggal nanti siapa yang dipilih," kata Eros usai acara DPD GBN Jawa Barat di Gedung Sate, Bandung, Sabtu (9/9/2023).

1. Empat nama ini merupakan tokoh terbaik

Eros Djarot Sebut Empat Nama Calon Duet Ganjar, Ada Ridwan Kamil?Budayawan dan politikus, Eros Djarot (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Dari empat nama yang disebutkan itu, Eros menjelaskan, semuanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Namun, semua itu akan kembali dari keputusan para partai pengusung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

"Sebetulnya siapa saja mereka itu putra terbaik Indonesia. Saya gak bisa mengatakan. Tapi kalau Kang Emil itu paham, kekurangan pasti ada, begitu juga Pak Mahfud, Andika, Sandiaga juga," katanya.

2. Eros dorong tokoh-tokoh Sunda jadi Bacawapres

Eros Djarot Sebut Empat Nama Calon Duet Ganjar, Ada Ridwan Kamil?Budayawan dan politikus, Eros Djarot (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Eros sendiri akan turut mendorong beberapa sosok Bacawapres dari tanah Pasundan. Adapun dalam hal ini yang paling kuat elektabilitasnya ialah sosok RK, namun dia minta agar apapun pilihan partai pengusung harus diterima dengan seksama.

"Wajar kan kalau tokoh Sunda diharapkan bisa mewakili di Cawapres. Kalau umpamanya tidak terpilih pun, saya rasa yang dimaksud Pak RK yah, saya rasa pak RK siap untuk dipilih tapi siap juga untuk tidak dipilih. Itu yang saya yakini dari sikapnya pak RK," katanya.

3. Ridwan Kamil sudah bertemu dengan Megawati

Eros Djarot Sebut Empat Nama Calon Duet Ganjar, Ada Ridwan Kamil?Budayawan dan politikus, Eros Djarot (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Isu RK disandingkan dengan Ganjar Pranowo mencuat sejak beberapa hari kemarin. Mantan Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023 ini disebut sangat dekat dengan PDIP. Teranyar, RK melakukan pertemuan dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri beberapa waktu lalu.

Namun, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, pertemuan itu hanya membahas soal pembangunan monumen Bung Karno di Kota Bandung. Hasto menegaskan keputusan Bacawapres ada ditangani ketua umum partai pengusung.

"Pertemuan sebenarnya dilakukan secara tertutup, dibahas tentang pembangunan beberapa monumen yang berkaitan dengan Bung Karno," ujar Hasto, dikutip dari ANTARA, Sabtu (9/9/2023).

Baca Juga: Usai Dikritik Djarot, Heru Janji Perbaiki Taman Kalijodo Warisan Ahok

Baca Juga: Mau Maju di Pilgub DKI 2024? Djarot Bilang Begini 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya