Dugaan Korupsi Dana Bantuan Gempa, Ridwan Kamil Bela Bupati Cianjur

Ridwan Kamil sudah konfirmasi langsung ke Herman Suherman

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil turut membela Bupati Cianjur, Herman Suherman perihal adanya dugaan kasus korupsi dana bantuan gempa. Menurutnya, kader politisi PDIP itu tidak melakukan tindakan korupsi.

"Saya udah konfirmasi, media hati-hati. Berikan porsi berita yang adil. Kasihan menurut saya Bupati Cianjur," ujar Emil di Gedung Sate, Rabu (28/12/2022).

1. Bantuan tidak semuanya dikoordinir oleh Pemkab Cianjur

Dugaan Korupsi Dana Bantuan Gempa, Ridwan Kamil Bela Bupati CianjurGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

Emil menjelaskan, selama proses pembantuan korban Gempa Cianjur para donatur diberikan beberapa pilihan. Adapun pilihannya yaitu, bantuan bisa disalurkan secara langsung atau bisa melalui Pemkab Cianjur. Artinya, tidak semua bantuan masuk Pemkab Cianjur.

"Bentuknya kan barang, barangnya diatur kenapa, karena membantu Cianjur itu dua pilihan. Mau langsung silakan, atau lewat pemerintah. kalau lewat pemerintah pasit diatur," ungkapnya.

2. Pemberian barang dari uang donasi juga disesuaikan kebutuhan warga terdampak

Dugaan Korupsi Dana Bantuan Gempa, Ridwan Kamil Bela Bupati CianjurGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

Selain itu, bantuan yang dikelola pemerintah juga diberikan sesuai pada kebutuhan dari korban Gempa Cianjur. Sehingga, tidak bisa bantuan dibelikan untuk memenuhi kebutuhan beberapa korban saja.

"Karena mungkin barangnya sedikit yang butuh banyak, maka barang yang datang direpacking supaya yang mendapatkan lebih merata," ucapnya.

3. Ridwan Kamil tidak meyakini adanya dugaan tersebut

Dugaan Korupsi Dana Bantuan Gempa, Ridwan Kamil Bela Bupati CianjurGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

Dengan adanya informasi Bupati Cianjur melakukan tindakan pidana korupsi dari bantuan korban gempa, Emil merasa hal ini tidak benar adanya. Dia juga sudah melakukan konfirmasi langsung dengan Bupati Cianjur, Herman Suherman.

"Saya sendiri tidak meyakini ada dugaan negatif itu, tolong media berikan klarifikasi seluas seluasnya kepada Bupati Cianjur yang menurut saya mendapat musibah ditambahi seperti ini, saya kira ujiannya luar biasa," kata dia.

Baca Juga: Bupati Cianjur Herman Suherman Dilaporkan ke KPK Terkait Bantuan Gempa

Baca Juga: Semarak Pesta Retail Jabar Berikan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya