Comscore Tracker

Dua Wilayah Masuk Zona Merah, Bandung Raya Siaga Satu COVID-19

Rumah sakit COVID-19 Bandung Raya kelimpungan

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) menyatakan wilayah Bandung Raya Siaga 1 COVID-19. Hal ini disebabkan menurunnya level kewaspadaan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang kini berada di zona merah.

"Bandung Raya kami nyatakan siaga I COVID-19. Seluruh tingkat keterisian rumah sakit atau Bed Occupancy Rate (BOR) pasien COVID-19 melebihi WHO, sekarang 84,19 persen," ujar Emil, sapaan akrab Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, di Makodam III Siliwangi, Selasa (15/6/2021).

1. Emil minta aturan WFH dilakukan untuk Bandung Raya

Dua Wilayah Masuk Zona Merah, Bandung Raya Siaga Satu COVID-19Humas/Pemprov Jabar

Kenaikan BOR di Bandung Raya merupakan efek dari libur lebaran 2021. Emil menganggap, banyak warga yang tidak mengikuti aturan dari pemerintah pusat dan Pemprov Jabar, mulai dari larangan mudik hingga abai protokol kesehatan saat berwisata.

"Kami langsung meminta aturan work from home (WFH) dan menyesuaikan diri bekerja dari rumah dengan pengecualian yang sudah kita pahami diterapkan kembali untuk wilayah Bandung Raya," katanya.

2. Emil minta masyarakat tertib prokes

Dua Wilayah Masuk Zona Merah, Bandung Raya Siaga Satu COVID-19Humas/Pemprov Jabar

Diberitakan sebelumya, Emil meminta masyarakat lebih menaati aturan protokol kesehatan (prokes). Langkah itu ia klaim sebagai langkah pencegahan paling ampuh untuk melawan penyebaran COVID-19.

"Jangan sampai kita kolaps. Jangan jadi korban lagi dengan selalu jaga protokol 5M. Semua juga sudah jenuh, semua juga sudah bosan, tapi kalau nanti terjadi kedaruratan yang dirugikan kita juga," ujar Emil melalui keterangan resminya, Senin (14/6/2021).

3. Vaksinasi massal bagi masyarakat akan lebih digencarkan

Dua Wilayah Masuk Zona Merah, Bandung Raya Siaga Satu COVID-19Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Selain itu, Emil bilang, Pemprov Jabar tengah mengakselerasi vaksinasi secara massal di Bekasi. Hal ini kemudian akan dilaksanakan ke beberapa daerah di Jabar.

"Vaksinasi di Bekasi tempatnya di stadion, dan ini bisa massal, sehingga akan dimaksimalkan ke zona-zona yang rawan. Maka prioritas pastilah di daerah Bodebek dan Bandung Raya sesuai dengan kasus harian," ujarnya.

Baca Juga: Zona Merah, Ridwan Kamil Minta Objek Wisata KBB dan Tasikmalaya Tutup!

Baca Juga: Majalengka Masuk Zona Oranye, Jabar Kini Nihil Zona Merah!

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya