DPRD Pastikan 3 Nama Pj Gubernur Jabar Bukan Titipan 

Tiga nama yang diusulkan katanya sudah sesuai syarat

Bandung, IDN Times - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat memastikan tiga nama Penjabat (Pj) Gubernur pengganti Ridwan Kamil bukan titipan dari kelompok mana pun. Tiga nama yang diusulkan ini sudah sesuai dengan kriteria dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Adapun tiga nama yang diusulkan ini yaitu Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan (Dirjen PP) di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Prof. Asep N Mulyana, Guru Besar Bidang Farmakologi dan Farmasi Klinik Unpad; Prof. Keri Lestari, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden, Bey Triadi Machmudin.

1. DPRD bantah tiga nama yang diusulkan merupakan titipan kelompok tertentu

DPRD Pastikan 3 Nama Pj Gubernur Jabar Bukan Titipan DPRD Jawa Barat. (dok. Humas DPRD Jawa Barat)

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari mengatakan, tiga nama yang diusulkan ini telah disepakati bersama seluruh anggota fraksi dalam rapat pimpinan yang digelar Rabu kemarin. Artinya, tiga calon Pj Gubernur ini dinyatakan sesuai dengan kriteria.

"Kami tentukan berdasarkan mekanisme yang harus dilalui, sesuai dengan amanat dari Permendagri Nomor 4 Tahun 2023 tentang merekomendasikan tiga nama dari DPRD," ujar Ineu saat dikonfirmasi, Kamis (3/8/2023).

2. Keputusan tiga nama sudah disepakati seluruh fraksi di DPRD Jabar

DPRD Pastikan 3 Nama Pj Gubernur Jabar Bukan Titipan IDN Times/Debbie Sutrisno

Saat disinggung soal Prof. Keri Lestari yang diusulkan oleh fraksi Partai Demokrat, Ineu mengatakan, semua itu telah ditetapkan dalam rapat pimpinan. Artinya, tiga nama ini diusulkan dari DPRD Jabar, tidak hanya dari fraksi yang ada.

"Pj Gubernur adalah usulan dari DPRD dengan maksimal tiga nama, kemudian dari Kemendagri tiga nama. Walaupun nanti keluar nama-nama cukup banyak, tapi yang disampaikan kepada presiden itu tiga nama," ungkapnya.

3. Keputusan akhir ada di tangan Presiden Jokowi

DPRD Pastikan 3 Nama Pj Gubernur Jabar Bukan Titipan (Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Ibu Iriana Jokowi) ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Ineu menambahkan, DPRD Jabar dalam hal ini hanya memenuhi surat edaran dari Kemendagri untuk mengusulkan tiga nama. Mengenai siapa yang akan dipilih, kata dia, semua keputusan akhir ada dintangan Presiden Jokowi.

"Apakah yang diusulkan ini sudah pasti direkomendasikan, kita juga tidak tahu, karena nanti keputusan akhir dan pengangkatannya oleh presiden," katanya.

Ineu sendiri belum mendapatkan informasi mengenai tiga nama usulan dari Kemendagri. Menurutnya, Presiden Jokowi akan memilih sosok Pj Gubernur Jabar yang terbaik.

"Yang saya rasa semua punya peluang. Dari Mendagri juga belum tahu, kita tinggal tunggu dari Mendagri siapa, dan Pak Presiden pasti akan memilih yang terbaik buat masyarakat Jawa Barat," kata dia.

Baca Juga: Ridwan Kamil Ungkap 3 Nama Calon Pj Gubernur Jabar, Ada Orang Istana

Baca Juga: Survei: Masyarakat Jabar Puas Kinerja Ridwan Kamil, Sandiaga Moncer

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya