DPKP3: Proyek Tahap I Rudet Tamansari Ditarget Selesai Februari 2021

Pembangunan tahap I ini baru pembangunan pondasi saja

Bandung, IDN Times - Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung menargetkan pembangunan tahap I rumah deret (Rudet) Tamansari selesai pada Februari 2021.

Kepala Bidang pada Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3), Nunun Yanuati menerangkan, saat ini pembangunan Rudet sudah masuk tahap I dan pembangunan ini juga baru dimulai dengan pondasi.

"Pada tahap I ini kita memang baru ditargetkan untuk membangun pondasi terlebih dahulu," ujar Nunun pada awak media di Balai Kota Bandung, Selasa (20/10/2020).

1. Pembangunan menyesuaikan anggaran yang ada

DPKP3: Proyek Tahap I Rudet Tamansari Ditarget Selesai Februari 2021IDN Times/Yogi Pasha

Ia menjelaskan, dari awal progres pada 16 Oktober 2020 kemarin hingga sampai saat ini pembangunan pondasi secara keseluruhan sudah mencapai 5,5 persen. Adapun hal ini akan ditargetkan rampung pada awal Februari 2021.

"Memang jadwal pembangunan ini untuk pembangunan tahap I akhir Februari 2021 dan ini baru pondasi saja. Memang rencananya sampai Februari ini fondasi dan struktur dan ini dengan keterbatasan yang ada dan sesuai dana yang ada," tuturnya.

2. Desain rumah deret mengikuti kontur tanah di Tamansari

DPKP3: Proyek Tahap I Rudet Tamansari Ditarget Selesai Februari 2021IDN Times/Humas Bandung

Pembangunan Rudet menurutnya akan memakan waktu yang lama. Sebab, selain masalah anggaran yang saat ini dialihkan untuk penanganan masa pandemik corona. Struktur bangunan juga nantinya akan disesuaikan dengan kontur tanah di area pembangunan.

"Ini bukan rumah susun biasa desain kita khusus mengikuti kontur dan konsep menyatu pada alam, Ini speed level dan ini rekomendasi TABG dan struktur mengikuti khusus fondasi juga ada perubahan," jelasnya.

3. Penghuni rumah deret akan mendapatkan potongan biaya sewa 50%

DPKP3: Proyek Tahap I Rudet Tamansari Ditarget Selesai Februari 2021IDN Times/Debbie Sutrisno

Nunun menambahkan, ketika Rudet sudah selesai dalam pembangunannya nanti, warga yang sebelumnya terkena dampak perpindahan akan diizinkan untuk langsung menempati rumah ini. Adapun biaya sewa akan lebih diringankan.

"Lima tahun pertama mereka bebas sewa, biaya kemudian potongan 50% dan kemudian mereka juga bisa buat aktifitas usahanya karena ada warung juga di sana," katanya.

4. Warga yang tergusur sudah diberikan biaya kerohiman

DPKP3: Proyek Tahap I Rudet Tamansari Ditarget Selesai Februari 2021IDN Times/Yogi Pasha

Untuk warga yang terdampak saat ini, Nunun mengatakan, mereka sudah memilih ngontrak di rumah dekat dengan pembangunan Rudet Tamansari dan ada yang sebagian tinggal di Rumah Susun Rancacili. Pemkot Bandung juga memberikan uang kerahiman.

"Mereka saat ini aman tidak ada keluhan kalau di Rancacili sedangkan kalau di sewakan rumah mereka mencari sendiri," kata dia.

Baca Juga: Ada Tiga Bangunan Liar, Pembangunan Rumah Deret Tamansari Terhambat!

Baca Juga: Dinkes Kota Bandung: Klaster Keluarga Turun dari 33% Menjadi 20,5%

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya