Dorong UMKM, Atalia Kamil Resmikan Kampung Korea di Bandung

Kampung Korea diyakini bisa membantu pariwisata Kota Bandung

Bandung, IDN Times - Guna mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Barat (Jabar) Atalia Praratya Kamil meresmikan Kampung Korea.

Kampung ini berlokasi di Kiara Artha Park, Kiaracondong, Kota Bandung. Di dalamannya terdapat pelataran khas Korea dan terdapat bangun khusus binaan UMKM.

1. Kampung Korea menghadirkan produk UMKM

Dorong UMKM, Atalia Kamil Resmikan Kampung Korea di BandungKampung Korea (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

Atalia Praratya Kamil mengatakan, kehadiran kampung ini dipercayai dapat berdampak positif pada ekonomi daerah, khususnya UMKM. Ia juga mengajak masyarakat turut menjajal kunjungi kampung Korea itu.

"Kampung Korea saat ini sudah kembali dibuka, dan mudah-mudahan ini bisa dipakai untuk menunjukkan rasa cinta kita kepada UMKM. Supaya mereka tumbuh berkembang," ujar istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ini, Kamis (18/11/2021).

2. Bandros akan turut hadir di Kampung Korea

Dorong UMKM, Atalia Kamil Resmikan Kampung Korea di BandungKampung Korea (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

Dengan kehadiran kampung Korea, Atalia juga berharap bisa meningkatkan kunjungan wisatawan. Sebab, ke depan lokasi ini akan berintegrasi dengan halte Bandung Tour On Bus (Bandros). Dengan begitu, para wisatawan bisa langsung melihat kondisi di kampung Korea.

"Kemudian para turis bisa bagaimana melihat keindahan Kota Bandung ini, dan ini sifatnya gratis ya," ucapnya.

3. UMKM selain berjualan juga akan diberikan pembinaan

Dorong UMKM, Atalia Kamil Resmikan Kampung Korea di BandungMarketing Communication Kampung Korea, Fikri Budiman (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

Di tempat sama, Marketing Communication Kampung Korea, Fikri Budiman mengatakan, Kampung Korea bisa menampung 40 pelaku UMKM. Semua unit usaha UMKM dapat menjual barang dagangannya di Kampung Korea.

"Sebenarnya sih tujuan kita adalah menyatukan banyak budaya di sini, makanya namanya kita tuh Pelataran Korea Culture Space," kata Fikri.

Kampung Korea tidak hanya memberikan tempat berjualan bagi UMKM. Fikri bilang, manajemen Kampung Korea akan memberikan pembinaan pada pelaku UMKM.

"Kita desain dan kita dorong agar bagaimana caranya UMKM ini terlihat moderen dan digitalisasinya kita manfaatkan banget lah," katanya.

Baca Juga: Potret Kang Kamil-Atalia Motoran Bagikan Sembako hingga Cek Vaksinasi 

Baca Juga: Sembuh dari COVID-19, Atalia Langsung Peluk Gubernur Ridwan Kamil

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya