Dolar Tembus Rp16.200, Pengrajin Tahu Kota Bandung Kerepotan

Pengrajin tahu khawatir jika harga dolar terus naik

Bandung, IDN Times - Pengrajin tahu Kota Bandung terkena dampak naiknya harga tukar Rupiah (Rp) terhadap dolar Amerika Serikat (USD). Kenaikan harga dolar ini ditakutkan membuat harga kacang kedelai terus meningkat.

Adapun harga nilai tukar rupiah terhadap dolar AS kini tembus sebesar Rp16.210,75, per Kamis (25/4/2024). Salah seorang pengrajin tahu sutra Cibuntu, Kota Bandung, Surtigalih mengatakan, kacang kedelai kini menyentuh angka Rp10.700 per kilogram.

Sementara, setelah lebaran 1445 Hijriah, harga kacang kedelai menyentuh Rp10.300 hingga Rp10.400 per kilogram. Harga ini sendiri diprediksi akan terus meningkat.

"Sangat berdampak sekali, biasanya waktu kemarin (tahun 2023) sesudah lebaran harga turun, sekarang harga dolar naik terus jadi harga kacang kedelai melonjak," kata Surtigalih, Kamis (25/4/2024).

1. Pengrajin tahu siapkan skema penjualan jika harga kedelai naik

Dolar Tembus Rp16.200, Pengrajin Tahu Kota Bandung Kerepotanilustrasi tahu (pexels.com/@polina-tankilevitch)

Dengan harga bahan tahu yang meningkat, Surtigalih menjual tahu per papan sebesar Rp60 ribu yang berisi 100 tahu. Dia sendiri belum mau mengubah ukuran tahu ke cetakan yang lebih kecil, karena biaya membuat cetakan cukup besar.

Skema yang akan dilakukan jika harga kedelai terus melonjak yaitu dengan cara menaikan harga jual tahu. Meski begitu, keputusan menaikan harga sendiri membuat daya beli masyarakat berkurang.

"Sebelum COVID-19, kami memproduksi hingga 6 ton, dan sekarang hanya 4 ton. Saya naikin harga, daya beli berkurang," katanya.

2. Berharap dolar tidak mengalami kenaikan

Dolar Tembus Rp16.200, Pengrajin Tahu Kota Bandung KerepotanPixabay/geralt

Sementara, Ketua Paguyuban Pengrajin tahu dan tempe, Muhammar Jamaludin mengatakan, kenaikan harga kedelai sebesar Rp100 ini tetap membuat dampak yang besar pada pengrajin tahu. Dia juga khawatir jika dolar terus naik maka bahan pokok untuk produksi tahun ini akan ikut meningkat.

"Khawatir juga (Dollar naik)," kata dia.

3. Pengrajin tahu Jawa Barat sempat mogok produksi saat harga kedelai naik

Dolar Tembus Rp16.200, Pengrajin Tahu Kota Bandung Kerepotanilustrasi tahu (pixabay.com/allybally4b)

Untuk diketahui, pengrajin tahu di wilayah Jawa Barat sendiri masih mengandalkan kacang kedelai impor. Sehingga harga kedelai akan terpengaruh dengan nilai tukar dolar rupiah terhadap AS.

Di tahu 2022, pengrajin tahu di Jawa Barat sendiri sempat melakukan mogok karena harga kedelai yang sudah tidak terjangkau. Bebeberapa pengrajin yang masih memproduksi tahu pun menjual dengan harga yang tinggi.

Baca Juga: Cellica hingga Dede Yusuf Masuk Radar Demokrat untuk Pilgub Jabar 

Baca Juga: Soal Pilgub Jabar, Dedi Mulyadi Belum Dapat Perintah Gerindra

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya