DKPP Jabar Temukan 6.000 Kasus Cacar Sapi Jelang Idul Adha 2023

Sapi positif LSD bisa disembuhkan dengan vaksin

Bandung, IDN Times - Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat (Jabar) mencatat ada 6.000 kasus cacar sapi atau Lumpy Skin Disease (LSD). Kasus ini ditemukan jelang hari raya Idul Adha 2023.

Kabid Kesehatan Hewan, DKPP Jabar, Supriyanto mengatakan, kasus LSD ini ditemukan di beberapa kabupaten dan kota yang ada di Jabar. Adapun data 6.000 ini merupakan hasil pencatatan secara keseluruhan berdasarkan laporan dan temuan di lapangan.

"Kumulatif data terakhir kita masih ada sekitar 6.000-an (kasus LSD) di Jabar," kata Supriyanto saat dihubungi, Sabtu (17/6/2023).

1. Temuan LSD banyak dari sapi yang masuk di luar jalur resmi

DKPP Jabar Temukan 6.000 Kasus Cacar Sapi Jelang Idul Adha 2023ilustrasi hewan kurban (IDN Times/Aditya Pratama)

Sapi yang dinyatakan positif LSD kebanyakan ditemukan di luar jalur perdagangan masi di wilayah Jabar. Hal ini juga terjadi karena meningkatnya permintaan sapi jelang Idul Adha. Sehingga, para pedagang banyak yang masuk wilayah Jabar tanpa jalur resmi.

"Karena sekarang lagi banyak yang masuk dari luar Jabar. Jadi sekarang itu sedang banyak pesanan untuk kebutuhan hewan kurban. Nah itu banyak ditemukan yang kaya gitu (LSD)," ungkapnya.

2. Pengawasan hewan akan bekerja maksimal jelang Idul Adha 2023

DKPP Jabar Temukan 6.000 Kasus Cacar Sapi Jelang Idul Adha 2023Ilustrasi hewan kurban. (dok. IDN Times/Istimewa)

Dengan banyaknya hewan yang terbukti positif LSD, Supriyanto mengatakan, tim pengawas yang disebar ke kabupaten dan kota akan lebih maksimal dalam melakukan pengawasan hewan kurban jelang hingga h+3 Idul Adha.

"Para petugas sudah melaksanakan tugasnya tapi tidak terlalu banyak (kasus) seperti di tempat penampungan itu tidak banyak yang menunjukan gejala LSD. Aman," katanya.

3. Vaksin LSD sudah disebar ke kabupaten dan kota

DKPP Jabar Temukan 6.000 Kasus Cacar Sapi Jelang Idul Adha 2023Ilustrasi hewan kurban. (dok. IDN Times/Istimewa)

Sebelumnya, Supriyanto mengatakan, DKPP Jabar sudah memberikan vaksin anti LSD untuk hewan yang positif dan hewan yang belum terpapar cacar air. Hal ini dilakukan guna menjaga kesehatan hewan agar tetap sehat, meskipun hewan positif LSD sendiri aman dikonsumsi masyarakat.

"Vaksin untuk LSD sudah kita sebar ada sekitar 90 ribu dosis ke seluruh Jawa Barat. Jadi tidak perlu khawatir karena ini tidak akan menular ke manusia hanya jijik saja dilihatnya," kata dia.

Baca Juga: Doa Menyembelih Hewan Qurban dan Cara Menyembelihnya

Baca Juga: Mengenal Penyakit Mulut dan Kuku, Kerap Jangkiti Hewan Kurban

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya