DKI PSBB Lagi, Ridwan Kamil Segera Koordinasi dengan Pemerintah Pusat

Saat ini, PSBB Bodebek masih seperti aturan sebelumnya

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta kebijakan DKI Jakarta yang menarik rem darurat PSBB agar dikonsultasikan pada pemerintah pusat. Hal tersebut penting pasalnya wilayah Bodebek nantinya akan turut terdampak kebijakan tersebut.

"Urgensi di Jakarta harus didukung oleh Jabar tapi mohon dikonsultasikan dengan pemerintah pusat karena setiap keputusan Jakarta berpengaruh juga bukan hanya regional tapi nasional," ujar Emil di DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Bandung, Jumat (11/9/2020).

1. Gubernur Anis mengaku akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat

DKI PSBB Lagi, Ridwan Kamil Segera Koordinasi dengan Pemerintah PusatDok.Humas Jabar

Ia menuturkan, dalam waktu dekat Gubernur DKI Jakarta, Anis Baswedan konon akan berkoordinasi kembali dengan pemerintah pusat. Emil juga mengaku bahwa status Bodebek saat ini masih PSBB seperti sebelumnya.

"Kesepakatannya Pak Anies akan konsultasi lagi ke pusat setelah itu kita akan rapat lagi untuk mengambil keputusan, jadi belum ada keputusan," ungkapnya.

2. Pemprov Jabar siapkan dua strategi kebijakaan penanganan corona

DKI PSBB Lagi, Ridwan Kamil Segera Koordinasi dengan Pemerintah PusatDok.Humas Jabar

Selain itu, Emil mengaku saat ini penanganan virus corona di Jabar di bagi menjadi dua. Pertama untuk Bodebek kemudian untuk Jabar secara umum dalam artian di luar Bodebek. Keputusan keduanya juga berbeda-beda dan menyesuaikan kondisi di lapangan.

"Kita ini sudah diputuskan, Jabar ini strateginya ada dua. Strategi bodebek dan non Bodebek. Kalau bodebek itu harus satu frekuensi. Kalau pak Anies ke kiri kita ngikut ke kiri, kalau ke kanan kita ngikut ke kanan," tuturnya.

3. Wilayah Bodebek paling banyak kasus corona

DKI PSBB Lagi, Ridwan Kamil Segera Koordinasi dengan Pemerintah Pusatinstagram.com/ridwankamil

Lebih lanjut, Emil menambahkan, saat ini kasus terbesar di Jabar juga masih di dominasi oleh wilayah Bodebek. Menurutnya, dibandingkan dengan beberapa daerah lain di Jabar, Bodebek paling banyak kasus positif virus corona. 

"Kaster COVID jabar paling besar hampir 70 persen ada di Bodebek," kata dia

4. Jabar siap bantu DKI Jakarta isolasi pasien positif virus corona

DKI PSBB Lagi, Ridwan Kamil Segera Koordinasi dengan Pemerintah PusatDok.Humas Jabar

Sebelumnya, Emil mengatakan bahwa saat ini Pemprov Jabar juga siap membantu menangani atau menampung isolasi dari beberapa pasien positif virus corona dari DKI Jakarta. Menurutnya, ketersediaan ruangan Isolasi di wilayah Bodebek masih banyak.

Ia menuturkan, bantuan diberikan bukan dalam langkah apapun. Hal tersebut menurutnya semata-mata untuk kemanusiaan. Adapun saat ini wilayah Bodebek juga masih melakukan PSBB seperti sebelumnya.

Baca Juga: Pemkot Bandung Diminta Tiru Kebijakan PSBM Kota Bogor

Baca Juga: Kasus COVID-19 Terus Naik, Pemkot Bandung Siap Terapkan PSBM

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya