Ditutup Akibat Pedagang Positif Corona, 2 Pasar Bandung Dibuka Kembali

Pemerintah nilai pasar sudah steril dari COVID-19

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung segera membuka dua pasar tradisional yang sempat ditutup akibar ditemukan kasus pedagang positif terinfeksi virus corona. Dua pasar yang ditutup itu adalah Pasar Sadang Serang dan Leuwipanjang.

Rencananya pasar tradisional ini akan dibuka dalam waktu dekat karena dinilai sudah terbebas dari virus corona. Selain itu, berdasarkan hasil rapid test tidak ditemukan lagi kasus pedagang reaktif di pasar tersebut.

1. Satu pasar yang memiliki kasus serupa belum diketahui apakah akan buka atau tidak

Ditutup Akibat Pedagang Positif Corona, 2 Pasar Bandung Dibuka KembaliIDN Times/Yogi Pasha

Direktur Utama PD Pasar Bermartabat Kota Bandung, Heri Heryawan mengatakan, sepekan yang lalu, beberapa orang dinyatakan positif dari tiga pasar tersebut, kemudian PD Pasar serta instansi terkait lakukan rapid test dan tidak ditemukan kasus baru.

Sayangnya, Heri dalam hal ini tidak, menjelaskan secara rinci apakah Pasar Haurpancuh yang sebelumnya disebut ada kasus serupa sudah diizinkan beroperasi kembali atau tidak. Ia hanya menyebut dua pasar tersebut akan beroperasi kembali.

"Senin minggu ada yang dinyatakan positif hasil swab tes pedagang di pasar lewipanjang dan satu pedagang di pasar sadang serang, kemudian ditutup, selama ditutup pasar tersebut dibersihkan," ujar Heri saat dihubungi, Kamis (18/6).

2. Diklaim tidak ada kasus baru selama rapid test dijalankan

Ditutup Akibat Pedagang Positif Corona, 2 Pasar Bandung Dibuka KembaliIlustrasi rapid test. (IDN Times/Mia Amalia)

Heri menyebut, PD Pasar Bermartabat Kota Bandung telah mengimbau agar pasien positif COVID-19 isolasi mandiri, sedangkan beberapa pedagang pasar lain yang ada interaksi sebelumnya dengan pasien juga sudah di tes melalui rapid test dan hasilnya negatif.

"Kita isolasi orang nya dan dia interaksi sama siapa saja dan rapid tes dilakukan, Alhamdulillah tidak ada reaktif dan dua pasar ini bisa dibuka kembali dan mau dikoordinasikan besok," ungkapnya.

3. Dua pasar akan dibuka kembali selama rapid test dijalankan

Ditutup Akibat Pedagang Positif Corona, 2 Pasar Bandung Dibuka Kembali(Foto hanya ilustrasi) Drive Thru Rapid Test metode Vena oleh rumah sakit BIMC Siloam Nusa Dua (IDN Times/Ayu Afria)

Ia menegaskan, selama koordinasi dilakukan dengan pihak-pihak terkait, PD Pasar memastikan dua pasar tersebut akan dibuka dan masyarakat bisa kembali melakukan transaksi jual beli namun tetap diminta menerapkan protokol pencegahan COVID-19.

"Dua pasar tersebut dipastikan dibuka lagi, yang diisolasi orangnya dan ditutup beberapa hari ini karena dibersihkan dan di rapid test," katanya.

4. Akibat tutup pasar, pedagang sempat tuntut Wali Kota Bandung

Ditutup Akibat Pedagang Positif Corona, 2 Pasar Bandung Dibuka KembaliIDN Times/Humas Bandung

Sebagaimana diketahui, kasus penutupan tiga pasar tersebut, sebelumnya sempat diprotes oleh pedagang Pasar Sandang Serang, mereka menuntut Wali Kota Bandung Oded M Danial menjelaskan pada pedagang terkait kebenaran seorang pedagang yang positif tersebut.

Pedagang Sadang Serang juga meminta Oded untuk klarifikasi pada media terkait pernyataannya yang menyatakan salah satu pedagang Sadang Serang positif COVID-19 yang akhirnya membuat para pedagang merugi.

Baca Juga: Bandel! Pemkot Bandung Segel Cafe Gedogan Kopi dan Warung Aceh Kemang

Baca Juga: PSBB Proporsional, Pemkot Bandung Longgarkan Peraturan di Sektor Ini!

Baca Juga: Ini Alasan Pemkot Memperpanjang PSBB Kota Bandung hingga 29 Mei

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya