Dituding Tidak Koordinasi PSBM dengan RW, Ini Jawaban Pemkot Bandung

Camat dan Lurah harusnya panggil RW dan lakukan koordinasi

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung membantah adanya tudingan bahwa mereka tidak melakukan koordinasi dengan forum Rukun Warga (RW) terkait penerapan pembatasan sosial berskala mikro (PSBM). Kebijakan koordinasi harusnya sudah dilakukan Camat dan Lurah.

Sekertaris Daerah (Sekda) yang juga ketua Harian Gugus Tugas COVID-19 Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, koordinasi dengan forum RW selama pembahasan PSBM sebenarnya memang tidak ada kewajiban.

"(Forum RW) tidak ada kewajiban kita panggil, kan mereka (Camat). Mereka sudah zoom meeting dengan kita, diarahkan langsung oleh Wali Kota," ujar Ema, saat ditemui di Balai Kota Bandung, Jumat (16/10/2020).

1. Camat dan Lurah itu masuk Satgas Gugus Tugas COVID-19 Kota Bandung

Dituding Tidak Koordinasi PSBM dengan RW, Ini Jawaban Pemkot BandungIDN Times/Yogi Pasha

Ema menuturkan, tuduhan Pemkot Bandung bahwa tidak pernah melakukan koordinasi dengan forum RW sangat tidak tepat. Pasalnya, selama ini camat dan lurah masih bagian dari Gugus Tugas COVID-19.

"Camat dan lurah itu Satgas juga di wilayahnya masing-masing dan kita sudah ditekankan (agar menyosialisasikan) camat dan lurah itu," ungkapnya.

2. Pemkot Bandung masih menunggu RW mengajukan PSBM

Dituding Tidak Koordinasi PSBM dengan RW, Ini Jawaban Pemkot BandungIDN Times/Humas Bandung

Ia menegaskan, sampai saat ini Pemkot Bandung masih menunggu pengajuan PSBM dari masing-masing RW se-Kota Bandung yang memiliki kasus positif virus corona. Selain itu, wilayah yang memiliki kasus ODP dan PDP corona juga diharapkan berkoordinasi dengan pihak kecamatan.

"(PSBM) itu kan berangkatnya dari RW, ke lurah, ke camat, dan ke kami. Lalau sekarang yang lain belum ya, mungkin tidak perlu," ucapnya.

3. Forum RW mengaku tidak pernah dilibatkan selama pembahasan PSBM

Dituding Tidak Koordinasi PSBM dengan RW, Ini Jawaban Pemkot BandungIDN Times/Humas Bandung

Seperti diketahui, ketua forum RW Kota Bandung, Robbiana Dani Awalludin mengatakan, sampai saat ini informasi terkait RW yang sudah mengajukan PSBM masih belum jelas. Bahkan, menurutnya belum ada yang mengajukan permintaan itu.

Ia menyatakan, koordinasi yang dilakukan oleh Gugus Tugas COVID-19 Kota Bandung selama ini tidak melibatkan dirinya.

4. Camat dan lurah diklaim tidak ada lakukan koordinasi soal PSBM

Dituding Tidak Koordinasi PSBM dengan RW, Ini Jawaban Pemkot BandungIDN Times/Humas Bandung

Robbiana mengungkapkan, saat ini mungkin tanpa diketahui oleh Gugus Tugas COVID-19 Kota Bandung, masing-masing RW sudah ada menerapkan PSBM. Adapun untuk kelurahan dan pihak kecamatan dirasakannya belum ada koordinasi dengan forum RW.

"RW/RT itu mungkin mereka juga gak tau dan mungkin pemkot banyak lakukan hal lain dan koordinasi baru sampai lurah, tapi memang kami tidak dilibatkan," jelasnya.

"Kami belum dapat informasi dari camat dan sebagainya belum ada laporan resmi," katanya.

Baca Juga: Bioskop Buka di Zona Merah, Emil: Pemkot Bandung Harus Tanggung Jawab!

Baca Juga: Masuk Zona Merah, Pemkot Bandung Bakal Perbanyak Titik PSBM

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya