Disperindag Jabar Fasilitasi Sertifikasi Halal 510 Petani Millennial

Tidak hanya petani millennial, IKM juga turut dapat bantuan

Bandung, IDN Times - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Barat (Jabar) memberikan fasilitas sertifikat halal dan kekayaan Intelektual (KI) Merek pada 501 petani milenial dan Industri Kecil Menengah (IKM).

Ratusan bantuan Disperindag Jabar ini diserahkan langsung oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil alias Emil di Aula Barat Gedung Sate, Bandung, Rabu (28/12/2022). Kegiatan yang sama dilakukan di UPTD Industri Pangan Olahan dan Kemasan (IPOK) Disperindag Jabar.

Emil mengatakan, fasilitas diberikan kepada para petani milenial dan ILM untuk merespons potensi resesi tahun depan. Dengan adanya fasilitas ini, petani millennial dan IKM diharapkan bisa terus berkembang.

"Untuk meneruskan kesuksesan ekonomi 2022, kita mengajak warga Jawa Barat untuk terus melakukan aktivitas ekonomi, berinovasi, dan melakukan sebuah revolusi yaitu kembali ke desa," ujar Emil, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Rabu (28/12/2022).

1. IKM turut mensukseskan perekonomian di Jabar

Disperindag Jabar Fasilitasi Sertifikasi Halal 510 Petani MillennialGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

Dengan adanya akses internet dan teknologi masa depan, khususnya petani-petani milenial di Jabar, akan jadi wajah teladan-teladan untuk generasi baru. Sebab, keduanya kini sudah mendapatkan bekal banyak dari Pemprov Jabar.

Peran yang sama juga dipikul IKM di Jabar yang jumlahnya hampir 300.000. Jumlah itu, kata dia, membuktikan IKM adalah tulang punggung dari suksesnya 60 persen industri yang ada di Jabar.

"Tinggal hanya bisa di desa rezekinya sama seperti di kota, tidak stress. Enak, karena penghasilannya sama dengan kota dan dengan e-commerce bisa bisnisnya mendunia," katanya.

2. Fasilitas diberikan sebagai dukungan sektor industri di hilir

Disperindag Jabar Fasilitasi Sertifikasi Halal 510 Petani MillennialIendra Sofyan, Kepala Disperindag Jabar (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jabar, Iendra Sofyan mengatakan sebagai dinas pendukung di bagian hilir, ia bekerja sama dengan Sekretariat Petani Milenial telah melakukan beberapa kegiatan untuk mendukung program petani millennial.

Di antaranya adalah kurasi, Sertifikasi Halal, HKI Merek, desain dan cetak kemasan, pelatihan ekspor, serta pameran dalam dan luar negeri.

Di sisi lain, untuk memfasilitasi IKM di luar petani millennial, Disperindag Jabar juga memberikan fasilitas yang sama kepada beberapa IKM.

"Hasil dari kurasi dan fasilitasi yang telah dilakukan tersebut diserahkan dengan mengundang 510 peserta yang terdiri dari 199 Petani Milenial dan 311 IKM di Jawa Barat," katanya.

2. Tidak semua dapat sertifikat halal, ada juga produk kemasan dan lainnya

Disperindag Jabar Fasilitasi Sertifikasi Halal 510 Petani MillennialIendra Sofyan, Kepala Disperindag Jabar (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

Sebanyak 280 peserta diundang untuk hadir secara tatap muka di Aula Barat Gedung Sate, 108 peserta lainnya hadir secara tatap muka di UPTD IPOK, dan 122 sisanya difasilitasi secara online melalui Zoom.

Penyerahan fasilitas yang dilakukan secara simbolis oleh Gubernur Jawa Barat, diserahkan kepada empat perwakilan petani millennial dan empat perwakilan IKM.

"Adapun terdapat 302 fasilitasi yang terbagi menjadi 125 KI merek, 50 sertifikasi halal, 100 desain kemasan, dan 27 pameran dalam negeri yang diberikan kepada 199 petani millennial," tuturnya.

4. Diharapkan bisa meningkatkan Petani Milenial dan IKM

Disperindag Jabar Fasilitasi Sertifikasi Halal 510 Petani MillennialIendra Sofyan, Kepala Disperindag Jabar (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

Sementara untuk IKM, diberikan 311 fasilitasi yang terbagi menjadi 125 KI merek, 60 sertifikasi halal, 125 desain kemasan dan satu pameran dalam negeri.

Dilaksanakannya kegiatan penyerahan fasilitas ini, diharapkan dapat meningkatkan awareness petani millennial, IKM serta pelaku usaha lainnya di Jawa Barat terkait pentingnya desain kemasan dan sertifikasi produk untuk peningkatan daya saing usaha.

"Kami berharap pemberian fasilitasi kepada petani millennial dan IKM Jawa Barat dapat mendorong peningkatan kualitas produk lokal sehingga memiliki daya saing baik di pasar dalam negeri maupun luar negeri," kata dia.

Baca Juga: Disperindag Jabar Klaim Bahan Pokok Aman hingga Akhir Tahun

Baca Juga: Harga BBM Naik, Disperindag Jabar Bakal Bantu Sektor Transportasi

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya