Disparbud Jabar: Pantai Karang Papak Bakal Jadi Destinasi Premium

Pantai Karang Papak masih belum banyak dikunjungi wisatawan

Bandung, IDN Times - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat memproyeksikan Pantai Karang Papak, Garut, sebagai destinasi wisata kelas premium. Rencana ini dilakukan untuk mendongkrak ekonomi masyarakat setempat.

Kadisparbud Jawa Barat Benny Bachtiar mengatakan, Pantai Karang Papak merupakan objek wisata yang tepat untuk dibangun sebagai destinasi kelas premium baru di wilayah Jawa Barat.

"Kami mencoba membuat pilot project di Pantai Karang Papak yang notabene jauh lebih mudah untuk kami tata. Pantai Karang Papak jauh lebih murni dan belum tersentuh," ujar Benny, Kamis (21/3/2024).

1. Pengelolaan sampah bisa lebih maksimal

Disparbud Jabar: Pantai Karang Papak Bakal Jadi Destinasi Premiumilustrasi pasangan berlari di pantai (pexels.com/Anastasiya Lobanovskaya)

Selain tempat lebih terjangkau, objek wisata ini dinilai Benny bisa menonjolkan konsep ramah lingkungan. Sebab, persoalan penanganan sampah di Pantai Karang Papak bisa dikonsep sejak saat ini. Artinya, pencegahan dilakukan sebelum nantinya banyak dikunjungi wisatawan.

"Belum terlalu banyak wisatawan yang hadir ke sana (Pantai Karang Papak) sehingga masalah pengelolaan sampah dan lainnya akan cepat diselesaikan," ucapnya.

2. Minta masyarakat menjaga objek wisata

Disparbud Jabar: Pantai Karang Papak Bakal Jadi Destinasi PremiumIlustrasi Pesisir.net

Disparbud Jawa Barat ke depan akan menyusun langkah strategis. Salah satunya membangun kesadaran masyarakat yang tinggal di sekitar destinasi wisata agar lebih aktif memanfaatkan potensi di wilayahnya.

"Poin utama yang paling penting adalah bagaimana kami memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga destinasi pariwisata tersebut," katanya.

3. Masyarakat diminta memahami potensi objek wisata

Disparbud Jabar: Pantai Karang Papak Bakal Jadi Destinasi Premiumkamini.id

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut Luna Aviantrini menilai kesadaran masyarakat menjadi bagian penting dalam sebuah pembangunan. Selain itu, pemerintah pun siap bersinergi terkait pengembangan Pantai Karang Papak.

"Masyarakatnya yang perlu kami raih dan kami beri pemahaman. Di semua yang memiliki titik potensi itu alangkah baiknya apabila masyarakat setempat memiliki rasa sadar wisata, dan memiliki kebanggaan bahwa daerahnya ini memiliki potensi," ucapnya. 

Baca Juga: Perusahaan di Jabar Wajib Bayar THR H-7 Sebelum Lebaran

Baca Juga: Istri Bupati hingga Petahana Lolos DPR dari Jabar X, Iwan Bule Keok

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya