Disparbud Jabar: KA Baru Priangan Timur Bakal Dongkrak Wisatawan

Kereta api baru ini menjadi angin segar pariwisata Jabar

Bandung, IDN Times - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat memastikan Kereta Api (KA) Papandayan dan KA Pangandaran, Malabar yang baru saja diresmikan akan mendongkrak sektor pariwisata di wilayah Priangan Timur.

KA Papandayan dan KA Pangandaran dan Malabar sendiri melayani rute di Kabupaten Garut, Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, serta Kota Banjar. Kepala Disparbud Jabar, Benny Bachtiar mengatakan, kehadiran kereta api baru ini akan memudahkan wisatawan.

"Kereta baru ini tentunya menjadi angin segar bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Jawa Barat," ujar Benny, Kamis (25/1/2024).

1. Kereta api baru bantu tingkatkan kunjungan wisatawan

Disparbud Jabar: KA Baru Priangan Timur Bakal Dongkrak WisatawanDesa Wisata Sukamurni, Kecamatan Cilawu, Garut, Jawa Barat. (Dok. Youtube Desa Sukamurni)

Benny berharap, adanya kereta baru dapat menjadi alternatif transportasi bagi para wisatawan, dan hal ini menurutnya akan meningkatkan pergerakan wisatawan ke Jawa Barat maupun daerah lain di sekitarnya.

"Mari bersama kita sukseskan pariwisata Indonesia melalui kereta api," katanya.

2. Pj Gubernur minta pungli objek wisata ditertibkan

Disparbud Jabar: KA Baru Priangan Timur Bakal Dongkrak WisatawanTalaga Bodas Garut (Instagram.com/ talagabodasgarut)

Sebelumnya, Pejabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin meminta agar objek wisata di wilayah yang dilintasi kereta api baru ini bisa bersih dari pungutan liar. Salah satu yang paling disorotinya wilayah Kabupaten Garut.

"Saya banyak menerima laporan untuk di daerah kawasan pariwisata masih banyak pungli, pungli parkir. Jadi kami minta (Pj Bupati Garut) coba untuk segera membereskannya," ujar Bey dalam peresmian pengoperasian KA Papandayan dan KA Pangandaran di Garut, Rabu (24/1/2024).

3. Wisatawan harus nyaman dan aman

Disparbud Jabar: KA Baru Priangan Timur Bakal Dongkrak Wisatawanview wisata darajat pass (instagram.com/darajatpass.garut)

Bey memastikan, pemberantasan pungli perlu dilakukan di objek wisata agar masyarakat mendapatkan kenyamanan saat berlibur di wilayah Garut. Apalagi kini sudah ada KA Papandayan yang bisa mendongkrak kunjungan wisatawan.

"Penindakan pungli agar memberikan kenyamanan dan keamanan kepada wisatawan yang hadir di Garut," kata dia.

Baca Juga: Disparbud Jabar Masih Kaji Dampak Kenaikan Tarif Tempat Hiburan

Baca Juga: Prediksi BMKG: Puncak Musim Hujan Wilayah Jabar Terjadi di Februari

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya