Disparbud Jabar Imbau Pengelola Objek Wisata Waspada Cuaca Ekstrem

Masyarakat juga diminta berhati-hati saat berlibur

Bandung, IDN Times - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat mengimbau masyarakat dan pengelola objek wisata berhati-hati dalam kondisi cuaca ekstrem. Imbauan diberikan untuk objek wisata kawasan pantai, sungai, atau air terjun.

Kepala Disparbud Jawa Barat, Benny Bachtiar mengatakan, cuaca ekstrem membuat beberapa peristiwa bencana alam terjadi di Jabar, seperti banjir bandang di Curug Hordeng Kabupaten Bogor, dan longsor di Subang.

"Melihat fenomena alam ini, diperkirakan akan terus terjadi curah hujan cukup besar di wilayah Jawa Barat. Selain itu sudah banyak terjadi tanah longsor di beberapa titik," ujar Benny, Senin (15/1/2024).

1. Wisawatan harus berhati-hati

Disparbud Jabar Imbau Pengelola Objek Wisata Waspada Cuaca Ekstremilustrasi banjir (IDN Times/Aditya Pratama)

Benny menerangkan, masyarakat yang hendak berlibur harus tetap berhati-hati dalam berlibur. Apalagi lanjutnya, objek wisata yang ada di jalur rawan terdampak bencana alam. Sehingga, masyarakat harus tetap waspada.

"Maka dari itu, saya mengimbau kepada wisatwan untuk selalu hati-hati dalam mengadakan aktivitas wisata di daerah-daerah yang rawan bencana," ungkapnya.

2. Pengelola objek wisata juga diminta waspada

Disparbud Jabar Imbau Pengelola Objek Wisata Waspada Cuaca EkstremIlustrasi badai angin (IDN Times/Aditya Pratama)

Selain wisatawan, imbauan secara khusus juga diberikan kepada para pengelola destinasi pariwisata. Kadisparbud menyebut pihaknya telah membuat surat edaran kepada kabupaten/kota untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini.

tuturnya"Kepada pengelola wisata agar selalu siap melakukan antisipasi sekiranya akan terjadi bencana. Agar hal-hal yang tidak diinginkan dapat diantisipasi demi keselamatan kita bersama," katanya.

3. Bencana alam terjang sejumlah objek wisata di Jabar

Disparbud Jabar Imbau Pengelola Objek Wisata Waspada Cuaca Ekstremilustrasi tanah longsor (IDN Times/Aditya Pratama)

Untuk diketahui, bencana alam longsor yang terjadi di objek wisata ada di kawasan Tempat wisata air Cipondok, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Minggu (7/1/2024). Peristiwa ini membuat dua orang meninggal dan puluhan mengungsi.

Beberapa hari setelah longsor Subang, terjadi banjir bandang di Curug Hordeng Kabupaten Bogor. Dalam video yang beredar di media sosial, sungai yang awalnya tenang berubah meluap deras hanya dalam hitungan detik.

Baca Juga: DKPP Jabar Minta Kabupaten Kota Perketat Lalu Lintas Penjualan Anjing

Baca Juga: Ada 9 Daerah di Jabar yang Punya Banyak Pengepul Daging Anjing

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya