Disdik Jabar Sediakan Kuota 700 Ribu Kursi untuk SMA SMK dan SLB

Seluruh kuota ini akan dibagi dalam beberapa jalur

Bandung, IDN Times - Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat menyediakan kuota kursi sebanyak 700 ribu kursi untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024, tingkat SMA, SMK dan SLB. Seluruh kursi ini akan dibagi dalam empat jalur.

Kepala Dinas Pendidikan Jabar, Wahyu Wijaya mengatakan, empat jalur ini ada zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orangtua/wali, prestasi. Adapun kuota itu akan dibagi untuk sekolah swasta dan negeri.

"Untuk negeri 300 ribuan, yang swasta bisa sampai 700 ribu. Jalur masih sama kecuali, yang covid tidak ada lagi, dan di tahap satu menggunakan jalur zonasi dengan keluarga ekonomi tidak mampu di tahap satu. Selebihnya di tahap dua," ujar Wahyu, usai kegiatan Berwara Jawa Barat, di Gedung Sate, Rabu (8/5/2024).

1. Aturan teknis hampir sama dengan PPDB tahun sebelumnya

Disdik Jabar Sediakan Kuota 700 Ribu Kursi untuk SMA SMK dan SLB(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Wahyu menuturkan, teknis penyelenggaraan PPDB 2024 ini tidak ada yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Namun, ada sedikit berbeda dalam penggunaan aplikasi Sapawarga yang sebelumnya hanya digunakan untuk tahap 2 kini sudah bisa dari tahap I.

"Untuk teknis, itu relatif sama tapi dengan beberapa perubahan. Tahun kemarin aplikasi Sapwarga baru tahap ke 2. Sekarang di tahap 1 sudah bisa. Di web disdik juga sama. Semua informasi ada disitu," jelasnya.

2. Disdik Jawa Barat memanfaatkan AI

Disdik Jabar Sediakan Kuota 700 Ribu Kursi untuk SMA SMK dan SLB(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Selain itu, Disdik Jawa Barat juga menggunakan teknologi AI untuk memberikan informasi pada masyarakat. Beberapa pertanyaan soal PPDB Jawa Barat 2024 juga akan dijawab menggunakan teknologi anyar tersebut.

"Untuk komunikasi pertanyaan, kita menggunakan AI. Semua peserta didik bisa tanya jawab disitu. Kecuali ada kesulitan lain yang tidak bisa dijawab AI, kita masih menyiapkan ada di sekolah tujuan, cabang dinas dan rajiman (Disdik Jabar)," katanya.

3. PPDB Jawa Barat mulai Juni 2024

Disdik Jabar Sediakan Kuota 700 Ribu Kursi untuk SMA SMK dan SLBDokumentasi Kegiatan

Adapun jadwal PPD Jawa Barat dimulai pada pendaftaran tahap 1 tanggal 3-7 Juni 2024, di dalamnya ada zonasi 50 persen, keluarga ekonomi tidak mampu 15 persen, Itu untuk SMA. Sedangkan untuk SMK, prioritas terdekat dengan keluarga ekonomi tidak mampu.

"Tahap 2 baru selebihnya, ada prestasi, lain-lain. Mulai tanggal 24-28 Juni untuk pendaftaran. Pengumuman tahap 1 di 19 Juni, tahap 2 di 5 Juli 2024," kata dia.

Baca Juga: Kasus Kematian DBD di Jabar Didominasi Usia Muda

Baca Juga: Waspada! 193 Orang Warga Jabar Minggal Akibat DBD Sepanjang 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya