Disdik Jabar Buka Data 144 Kecamatan yang Tak Punya SMA/SMK Negeri

Disdik tengah melakukan klasifikasi kembali

Bandung, IDN Times - Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat buka-bukan data kecamatan di Jawa Barat yang tak memiliki sekolah SMA/SMK negeri dan swasta. Dari 620 kecamatan yang ada di Jabar, kurang lebih 20 persen di antaranya belum memiliki sekolah negeri.

Kepla Disdik Jawa Barat, Wahyu Mijaya mengatakan, berdasarkan data yang ia miliki, ada 128 kecamatan dari 620 di Jawa Barat tak punya sekolah SMA/SMK negeri. Namun sebenarnya kecamatan-kecamatan itu memiliki sekolah swasta.

"Kemudian ada di 16 kecamatan itu tidak ada sekolah negeri dan sekolah swasta. Jadi jumlah secara keseluruhan menjadi 144 kecamatan," ujar Wahyu saat dikonfirmasi, Rabu (10/1/2024).

1. Pembangunan sekolah baru di 144 kecamatan akan dipilah

Disdik Jabar Buka Data 144 Kecamatan yang Tak Punya SMA/SMK NegeriKepala Disdik Jawa Barat, Wahyu Mijaya (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Wahyu menjelaskan, Disdik Jawa Barat kini tengah mengklasifikasi pembangunan gedung sekolah prioritas untuk 144 kecamatan itu. Sebab, kata dia, dalam satu kecamatan bisa jadi angka kelulusan SMP-MTs kecil.

"Dari 144 itu kita buatkan skala prioritas karena belum tentu lulusan SMP-MTs yang ada di situ, itu jumlahnya besar. Jadi kami buatkan skala prioritas," ucapnya.

2. Disdik Jabar juga akan melihat kondisi sekolah kecamatan lainnya

Disdik Jabar Buka Data 144 Kecamatan yang Tak Punya SMA/SMK NegeriGoogle

Selain itu, Disdik Jawa Barat, akan lebih meneliti lulusan SMP-MTs di kecamatan terdekat yang memiliki sekolah negeri. Jika kebutuhan mencukupi, kata dia, bisa jadi nantinya hanya akan dilimpahkan ke kecamatan terdekat saja.

"Skala prioritas kedua juga kita lihat di lingkungan kecamatan terdekat, apakah di lingkungan kecamatan terdekat juga masih bisa menampung lulusan SMP-MTS tersebut," katanya.

3. Disdik Jabar akan fokus soal pembebasan lahan

Disdik Jabar Buka Data 144 Kecamatan yang Tak Punya SMA/SMK NegeriFexels

Lebih lanjut, Wahyu mengatakan, rencana pembangunan sekolah baru di 144 kecamatan memang akan dilakukan di 2024. Namun, Menurutnya, Pemprov Jabar akan terlebih dahulu menyelesaikan persoalan yang belum rampung di 2023, seperti masalah pembebasan lahan.

"Kami selesaikan dulu permasalahan-permasalahan itu. Kemudian di 2024 kami buatkan DED, detail engineering design, itu untuk setidaknya kami buatkan di 11 SMA ataupun SMK dan SLB," kata dia.

Adapun total 16 kecamatan yang tidak memiliki sama sekali SMA/SMK negeri dan swasta daftarnya sebagai berikut:

Kabupaten Ciamis:
Kecamatan Banjaranyar
Kecamatan Sukamantri
Kecamatan Tambaksari

Kabupaten Garut:
Kecamatan Pangatikan

Kabupaten Kuningan:
Kecamatan Cibeureum
Kecamatan Cilebak
Kecamatan Cimahi
Kecamatan Hantara
Kecamatan Kalimanggis
Kecamatan Karangkancana
Kecamatan Nusaherang

Kabupaten Purwakarta:
Kecamatan Pondok Salam

Kabupaten Sumedang:
Kecamatan Cisarua
Kecamatan Cisitu
Kecamatan Ganeas
Kecamatan Jatigede

Baca Juga: 144 Kecamatan di Jabar Tidak Punya Sekolah SMA/SMK Negeri

Baca Juga: Polda Jabar Bakal Razia Massal Knalpot Bisin pada 10-20 Januari 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya