Comscore Tracker

Disdik Jabar: 20 Persen dari 228 Kecamatan Zona Hijau Segera Gelar PTM

Beberapa sekolah akan diverifikasi kembali kesiapannya

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat memastikan, sebanyak 20 persen dari 228 kecamatan zona hijau akan diizinkan menggelar proses Pembelajaran Tatap Muka (PTM) selama Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Pemprov Jabar, Dedi Supandi mengatakan, Pemprov Jabar hanya akan memberikan 20 persen dari ratusan kecamatan zona hijau menggelar pembelajaran langsung di ruang sekolah.

"Kisaran kami dari 228 (kecamatan) itu, paling yang terverifikasi kurang lebih 20 persennya," ujar Dedi dalam konferensi pers di GOR Saparua Bandung, Jumat (7/8/2020).

1. Kesehatan anak lebih penting dibanding PTM

Disdik Jabar: 20 Persen dari 228 Kecamatan Zona Hijau Segera Gelar PTMmymodernmet.com

Dedi menuturkan, nantinya jika izin proses pembelajaran tatap muka sudah diizinkan, ada beberapa mekanisme yang ditempuh. Izin pembelajaran langsung bukan berarti siswa belajar seperti tidak saat pandemik corona. Beberapa hal akan diterapkan pada siswa.

"Aturan yang dijalankan tetap ketat dan terbatas. Misalnya, hanya boleh menyelenggarakan maksimal empat jam tatap muka untuk pelajaran-pelajaran tertentu," ungkapnya.

Selain itu, dalam kondisi seperti saat ini, yang terpenting adalah kesehatan. Adapun untuk pendidikan seiring menyesuaikan. "Anak punya hak untuk hidup, hak sehat, baru hak mendapat pendidikan. Kesehatan adalah yang utama," jelasnya.

2. Ada zona hijau masih sulit akses internet

Disdik Jabar: 20 Persen dari 228 Kecamatan Zona Hijau Segera Gelar PTMindyschild.com

Kemudian, Dedi menyebutkan, kondisi di lapangan pada beberapa wilayah yang masuk pada zona hijau, terdapat siswa yang masih kesulitan akses internet. Pemprov Jabar juga meminta proses belajar dilakukan secara rombongan.

"Di 228 kecamatan zona hijau itu masih kami verifikasi, belum semua pasti tatap muka. Kami butuh 2 pekan untuk verifikasi," katanya.

3. Zona hijau harus sediakan akses internet dengan baik

Disdik Jabar: 20 Persen dari 228 Kecamatan Zona Hijau Segera Gelar PTMhttps://cdn-res.keymedia.com

Sampai saat ini, beberapa sekolah di zona hijau diminta untuk memenuhi semua indikator persyaratan yang telah diputuskan oleh Disdik Jabar. Ia meminta untuk zona hijau akses internet harus terpenuhi.

"Zona hijau itu mutlak, tapi konektivitas internenya juga dilihat. Kecamatan dengan konektivitas internet yang masih bagus dan bisa melaksanakan sekolah daring, maka tidak perlu ada tatap muka," kata dia.

4. Doni Monardo sebut Jabar belum zona hijau

Disdik Jabar: 20 Persen dari 228 Kecamatan Zona Hijau Segera Gelar PTMKetua Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo membagikan masker di Stasiun Kereta Api Bandung, Kamis (6/8/2020). IDN Times/Debbie Sutrisno

Sebelumnya, Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 sekaligus Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan, berdasarkan data Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemendikbud-Riset Dikti) menyebut hanya ada 27 persen daerah kabupaten/kota di Indonesia yang masuk dalam zona hijau.

"Kalau di Jabar ini belum ada, paling banyak hanya zona kuning. Silakan untuk kepala daerah dan kepala sekolah yang memang tahu kondisinya. Kalaupun memang harus dimulai semua protokol kesehatan harus dipersiapkan," kata dia. 

Baca Juga: [FOTO] Simulasi Uji Klinis Vaksin Sinovac COVID-19 di RSUP Unpad

Baca Juga: Ini Kabar Terbaru 21 Pegawai Gedung Sate yang Positif Corona

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya