Disdik Bandung: Siswa Tidak Lolos PPDB Prestasi Bisa Masuk Jalur Ini

Jalur Zonasi baru akan dibuka pada 22 Juni

Bandung, IDN Times - Calon murid sekolah menengah pertama (SMP) yang tidak diterima pendaftaran online peserta didik baru (PPDB) melalui jalur afirmasi, masyarakat rawan pendidikan (RMP) dan prestasi, bisa langsung mendaftar melalui jalur zonasi pada 22-26 Juni 2020.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekertaris Dinas Pendidikan Kota Bandung, Cucu Saputra saat ditemui di Kantor Disdik Kota Bandung, Selasa (16/6). Adapun untuk jalur Afirmasi RMP dan Prestasi akan berakhir pada Jumat 19 Juni.

1. Tidak ada jalur offline, semua harus online

Disdik Bandung: Siswa Tidak Lolos PPDB Prestasi Bisa Masuk Jalur IniIDN Times/Debbie Sutrisno

Cucu mengatakan, PPDB di tengah pandemik COVID-19 tidak bisa disamakan dengan PPDB dalam kondisi normal. Menurutnya, saat ini orang tua murid harus melakukan pendaftaran PPDB melalui online tidak ada offline.

"Saat ini seluruh orang tua murid mengakses pendaftaran melalui online, semua langkah sudah dijelaskan di website PPDB Bandung, ppdb.bandung.go.id," ungkapnya.

2. Orang tua tidak tau online akan dituntun oleh guru sekolah asal

Disdik Bandung: Siswa Tidak Lolos PPDB Prestasi Bisa Masuk Jalur IniANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Untuk hal teknis, orang tua murid yang tidak mengetahui langkah secara online juga akan dibimbing oleh guru dari sekolah asalnya. Sedangkan untuk orang tua murid yang sudah faham melalui online maka diizinkan untun me daftar secara mandiri.

"Seperti contoh, orang tua yang belum terbiasa online maka akan di tuntun oleh guru di sekolah asalnya. Nanti dibantu mendapatkan username dan pasword untuk masuk data pendaftaran PPDB," tuturnya.

3. Orang tua harus segera daftar PPDB online

Disdik Bandung: Siswa Tidak Lolos PPDB Prestasi Bisa Masuk Jalur Ini

Cucu menambahkan, dengan akan berakhirnya pendaftaran jalur Afirmasi RMP dan prestasi pada junat besok, maka orang tua murid harus segera mendaftar peserta didiknya agar tidak membludak di hari akhir.

"Jadi sebelum membeludak, ada baiknya mulai hari ini segera melakukan pendaftaran dan jangan sampai di akhir," ucapnya.

4. Sistem untuk PPDB SD juga akan disamakan dengan SMP

Disdik Bandung: Siswa Tidak Lolos PPDB Prestasi Bisa Masuk Jalur IniANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Selain untuk SMP, pada pertengahan bulan, PPDB SD juga akan digelar, Cucu mengatakan, sistem pendaftaran juga akan sama, pertama orang tua siswa akan diminta input data diri kemudian masuk pada jalur Afirmasi RMP dan prestasi. Jika tidak diterima maka bisa langsung masuk zonasi.

"Untuk SD juga modelnya akan sama, jadi jangan takut, kalau tidak lolos jalur tersebut, masih ada jalur zonasi," kata dia.

Baca Juga: Pemkot Bandung Diharap Perbanyak Lahan Parkir Sepeda di Mal dan Kantor

Baca Juga: Pemkot Belum Izinkan Bandung Zoo dan Kolam Renang Buka untuk Umum 

Baca Juga: Bandel! Pemkot Bandung Segel Cafe Gedogan Kopi dan Warung Aceh Kemang

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya