Diperiksa Bawaslu Jabar, Ridwan Kamil Dicecar 30 Pertanyaan

Bawaslu tetap akan proses dugaan politik uang ini

Bandung, IDN Times - Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Jawa Barat, Ridwan Kamil dicecar 30 Pertanyaan oleh Bawaslu Jabar, Senin(29/1/2024). Mantan gubernur Jabar periode 2018-2023 ini diperiksa Bawaslu Jabar selama tiga jam. 

"Bawaslu menyampaikan kurang lebih 30 pertanyaan berkaitan dengan substansi klarifikasi dimana kami menanyakan berkaitan dengan fakta dan kegiatan-kegiatan yang ada di lokasi," ujar Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Jabar, Syaiful Bachri pada awak media.

Syaiful menerangkan, setelah laporan ini Bawaslu Jawa Barat nantinya akan turut melakukan tindakan lanjutan, yaitu membuat kesimpulan. Adapun sebelumnya Bawaslu juga sudah memeriksa pihak pelapor yaitu DEEP Indonesia.

"Bawaslu Provinsi Jawa Barat beserta Gakkumdu akan memproses lebih lanjut, mengumpulkan dari mulai pemeriksaan pelapor, saksi-saksi, terlapor, dan kalau perlu nanti dimintakan pemeriksaan ahli berkaitan dengan karena memang kontennya kan berkaitan dengan video (dugaan politik uang Jambore DPD Tasikmalaya)," katanya

Sebelumnya, Ridwan Kamil memberikan tiga poin penting usai dimintai keterangan oleh Bawaslu Jawa Barat. Salah satu poinnya, dia mengatakan tidak ada unsur pelanggan pemilu dan politik uang di Jambore DPD Tasikmalaya.

"Ketiga tidak ada substansi pelanggaran, itu presepsi tafsir, karena yang jadi bukti video sepotong yah maka dari kita dijelaskan bahwa satu saya undangan semua yang disangkakan dan sebagainya itu kalau kita penyelenggara," kata dia.

Untuk diketahui, Ridwan Kamil sendiri datang ke Bawaslu untuk memenuhi panggilan atas dugaan politik uang dalam kegiatan Jambore DPD Tasikmalaya. Dia dilaporkan oleh DEEP Indonesia. Mantan Gubernur Jabar ini datangi kantor Bawaslu pada pukul 14:58 WIB dan selesai pemeriksaan tepat pukul 17:54 WIB.

Baca Juga: Ridwan Kamil Penuhi Panggilan Bawaslu Soal Dugaan Politik Uang

Baca Juga: Dugaan Politik Uang, Bawaslu Jabar Panggil Ridwan Kamil Hari Ini

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya