Dinkes Kota Bandung: Relawan Vaksin COVID-19 Sudah Ada Yang Daftar

Dinkes Kota Bandung akan turut mengawasi uji vaksin tersebut

Bandung, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung menyebut, relawan uji vaksin sinovac virus corona (COVID-19) dari Biofarma dan Fakultas Kedokteran Unpad sudah dibuka di enam tempat atau puskesmas Kota Bandung. Hal tersebut menyusul Izin uji vaksin yang sudah disetujui Tim Komite Etik pada Senin (28/7/2020).

Adapun enam tempat yang membuka pendaftaran tersebut yakni, rumah sakit kedokteran Universitas Padjadjaran, Balai Kesehatan Universitas Padjadjaran, Puskesmas Garuda, Dago, Sukaparkir, dan Puskesmas Ciumbuleuit.

1. Tempat diputuskan berdasarkan keputusan tim peneliti

Dinkes Kota Bandung: Relawan Vaksin COVID-19 Sudah Ada Yang DaftarKlikdokter

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rita Verita mengatakan, enam puskesmas yang akan dijadikan tempat uji klinis sebelumnya sudah dilakukan pemantauan langsung oleh tim peneliti vaksin sejak April lalau. Dari hasil tersebut enam tempat tersebut dinilai tepat dan cocok.

"Mulai Agustus ini mereka sudah menyiapkan relawan dan kalau tidak salah malah sudah ada yang mulai mendaftar ke puskesmas langsung. Jumlah pastinya belum tahu," ujar Rita, saat ditemui di Balai Benih Ikan, Kota Bandung, Selasa (28/7/2020).

2. Pemkot Bandung sudah pengalaman jadi tempat uji vaksin

Dinkes Kota Bandung: Relawan Vaksin COVID-19 Sudah Ada Yang DaftarIlustrasi Vaksin (ANTARA FOTO/AAP Image/David Mariuz via REUTERS)

Rita juga meminta Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) turut awasi uji vaksin sinovac virus corona (COVID-19) dari Biofarma dan Fakultas Kedokteran Unpad.

"Ya, tentunya kami mengawasi. Sebetulnya tidak ada perbedaan, beberapa vaksin yang diproduksi oleh biofarma hampir semuanya bekerja sama dengan Unpad termasuk yang COVID-19 ini," jelasnya.

3. Beberapa vaksin sebelumnya sempat di uji di Kota Bandung

Dinkes Kota Bandung: Relawan Vaksin COVID-19 Sudah Ada Yang Daftarabcnews.go.com

Rita menuturkan, uji vaksin bukan hal yang tabu dan baru untuk Kota Bandung. Sebelum vaksin corona seperti sekarang ini, Kota Bandung sudah beberapa kali dijadikan rujukan tempat penelitian vaksin lain.

"Iya mungkin karena ini tentang COVID-19 dan intruksi langsung dari Presiden, tentunya berita ini lebih gencar dari pada vaksin yang lainnya," ungkapnya.

4. Uji klinis dilakukan di enam puskesmas tersebut

Dinkes Kota Bandung: Relawan Vaksin COVID-19 Sudah Ada Yang DaftarIlustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Adapun enam tempat atau puskesmas yang dijadikan tempat uji klinis di Kota Bandung saat ini dikatakan Rita sedang melakukan persiapan untuk membuka pendaftaran relawan berdasarkan arahan dari tim peneliti vaksin COVID-19.

"Izin sudah keluar, kemudian rekrutmen relawan rencananya sebanyak 1.620 dan akan dilakukan uji klinisnya di enam tempat itu mulai minggu pertama Agustus," kata dia.

Baca Juga: [BREAKING] Tim Komite Etik Resmi Izinkan Uji Klinis Vaksin COVID-19 di Bandung

Baca Juga: Ingin Jadi Relawan Vaksin COVID-19? Begini Aturan Yang Harus Dipenuhi

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya