Dikelola Jaswita, Pasar Kreatif Jawa Barat Dibangun di Kota Bandung!

PKJB menjadi tempat baru untuk industri kreatif Jabar

Bandung, IDN Times - Pasar Kreatif Jawa Barat (PKJB) telah dibangun di Jalan Pahlawan, Kota Bandung. Rencananya, PKJB ini mulai dibuka untuk umum pada Jumat (7/7/2023) besok. Gubernur Jabar Ridwan Kamil juga berencana akan membuka langsung.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jabar, Noneng Komara Nengsih mengatakan, PKJB akan menjadi tempat pertemuan supply dan demand pelaku ekonomi kreatif. Sehingga, tempat ini sangat membantu pelaku ekonomi kreatif.

"Kita selama ini belum memiliki tempat yang menjadi pusat ekonomi kreatif, padahal kontribusi ekraf Jawa Barat terbesar," katanya di Bandung, Kamis (6/7/2023).

1. Pembangunan sesuai arahan Gubernur Jabar

Dikelola Jaswita, Pasar Kreatif Jawa Barat Dibangun di Kota Bandung!(Istimewa)

Menurutnya, kehadiran PKJB diharapkan bisa menjadi pusat pemasaran serta pengembangan ekonomi kreatif di Jawa Barat, serta pertunjukan berbagai kekayaan seni dan budaya yang dimiliki oleh Provinsi Jawa Barat.

Sesuai arahan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kami, PKJB akan memiliki fungsi sebagai ruang untuk mendorong peningkatan daya saing dan kreativitas pengusaha dan pelaku ekonomi kreatif.

"Mendorong peningkatan daya saing, pertumbuhan, keragaman dan kualitas industri kreatif. Kemudian, mendorong peningkatan perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya budaya bagi industri kreatif secara berkelanjutan," ungkapnya.

2. Sebagai pemanfaatan penuh aset kreatif

Dikelola Jaswita, Pasar Kreatif Jawa Barat Dibangun di Kota Bandung!(Istimewa)

Kata Noneng, PKJB mendorong terbentuknya kelembagaan Ekonomi Kreatif Daerah Provinsi untuk melayani kepentingan pengembangan Ekraf. Diharapkan juga terwujudnya kota kreatif sebagai kota yang mampu melayani kepentingan pengembangan Ekraf.

"Selain itu memanfaatkan secara penuh aset kreatif, serta menggunakannya sebagai dasar pembangunan ekonomi, lingkungan, dan sosial yang berkelanjutan," katanya.

3. Jaswita akan mengelola penuh PKJB

Dikelola Jaswita, Pasar Kreatif Jawa Barat Dibangun di Kota Bandung!(Istimewa)

Disperindag Jawa Barat sendiri berperan dalam membangun infrastruktur PKJB di lahan milik Pemprov Jawa Barat seluas 39.940 meter persegi. Pembangunan tahap I-II sudah dilakukan Dibangun sejak 2021 hingga 2022 lalu. PKJB sendiri akan dikelola oleh BUMD PT Jaswita.

"Jaswita akan mengelola lebih profesional, mudah-mudahan tujuan dari mempertemukan suplai dan demand di bidang kreatif ini terwujud. Sehingga produk ekraf Jawa Barat bisa memasuki pasar global," kata dia.

Memiliki lahan yang luas dan nyaman, PKJB ke depan akan terus dikembangkan lewat berbagai skema pembiayaan pembangunan. "Sekarang tenant yang ada di PKJB sudah penuh karena animo pelaku ekraf tinggi," jelasnya.

Baca Juga: Disperindag Jabar: PKJB 2023 Bangkitkan Ekonomi Usai Pandemik

Baca Juga: Disperindag Jabar Pastikan Pasar Gedebage Bukan Importir Thrifting! 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya