Comscore Tracker

Dicecar Pengacara Bahar bin Smith, Pernyataan Saksi Beda dengan BAP

Dua orang saksi berikan pernyataan berbeda dari BAP Polisi

Bandung, IDN Times - Persidangan kasus penyebar berita hoax Maulid Nabi oleh Bahar bin Smith masih berlangsung. Seorang saksi, Dedi, yang dihadirkan di ruang sidang membantah BAP polisi yang menyatakan Bahar menyebutkan soal kematian enam laskar FPI dibantai hingga dicopot kukunya.

Aziz Yanuar, Kuasa Hukum Bahar awalnya menanyakan pada Dedi mengenai BAP kepolisian tentang enam laskar FPI yang dibantai hingga dicopot kukunya. Dedi menjawab bahwa dirinya tak pernah memberi keterangan tersebut kepada kepolisian ketika menjalani BAP.

"Pendapat saya terkait enam pengawal beliau, enam laskar beliau dibunuh, dibantai, disiksa, dicopot kukunya, dibantai, dikuliti, kemaluanya dibakar, mereka dibikin seperti binatang itu adalah informasi yang berlebihan dan banyak media yang memberitakan berita hoax karena pandangan saya aparatur negara tidak akan melakukan hal yang sedemikian dan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia. Ada ucapan seperti itu?" tanya Aziz mengulang pernyataan di BAP di ruang sidang, PN Bandung, Selasa (17/5/2022).

"Enggak," jawab Dedi.

1. Saksi tidak pernah membuat keterangan soal Rizieq Shihab ditangkap karena prokes

Dicecar Pengacara Bahar bin Smith, Pernyataan Saksi Beda dengan BAPIDN Times/Galih Persiana

Setelah itu, Dedi juga membantah memberikan keterangan pada kepolisian mengenai Rizieq Shihab ditangkap karena pelanggaran protokol kesehatan. Menurutnya, keterangan tersebut tidak pernah diucapkan ketika dirinya dimintai keterangan oleh pihak kepolisian.

"Lalu, pendapat saya Al Habib Rizieq bin Husein Shihab ditangkap kemudian ditahan karena melakukan tindakan berupa tidak mematuhi protokol kesehatan yang diatur oleh pemerintah sehingga perbuatan Al Habib Rizieq bin Husein Shihab dapat di proses hukum yang berlaku di Indonesia. Benar ada pernyataan seperti itu?" tanya lagi Aziz.

"Enggak pernah," ucap Dedi.

2. Saksi lain juga bantah BAP Polisi

Dicecar Pengacara Bahar bin Smith, Pernyataan Saksi Beda dengan BAPBahar bin Smith (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Sedangkan, Agus, saksi lainnya, mengatakan bahwa sejumlah keterangan di BAP yang tidak sesuai. Ketika di-BAP, dia menegaskan tak pernah bicara Maulid Nabi Muhammad dan kematian enam Laskar FPI. Kemudian saksi Agus juga menyebut keterangan yang benar disampaikan saat sidang.

"Pernah gak bicara soal Maulid Nabi dan sebagainya? dan Soal laskar?" tanya Aziz.

"Saya enggak, Enggak. Cuman polisi saja yang bilang gitu," jawab Agus.

"Yang benar di sini atau di Polsek keterangannya?" ucap Aziz.

"Di sini (saat sidang)" ungkap Agus.

3. Pengacara sebut ada empat poin keterangan saksi berbeda dengan BAP Polisi

Dicecar Pengacara Bahar bin Smith, Pernyataan Saksi Beda dengan BAPBahar bin Smith (IDN Times/Galih Persiana)

Usai persidangan, Ichwan Tuankotta mengatakan berdasarkan keterangan para saksi ada empat poin keterangan berbeda dengan BAP. Beberapanya yaitu soal kematian enam Laskar FPI hingga provokasi dalam ceramah Bahar.

"Hampir empat poin yang beda di antaranya, berkaitan dengan ceramah Habib yang menyampaikan cabut kuku, membakar kelamin, dan pembataian itu dia tidak pernah menyampaikan. Bahwa ada provokasi tidak bicara seperti itu," kata dia.

Baca Juga: Saksi Sebut Bahar bin Smith Sebar Hoax Soal Penangkapan Rizieq Shihab

Baca Juga: Hakim Pengadilan Tolak Eksepsi, Bahar bin Smith Malah Bersyukur! 

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya