Diberi Kewenangan Lakukan PSBM, Forum RW Kota Bandung Bingung Aturan

Forum RW merasa tidak dilibatkan dalam pembahasan ini

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung telah memberikan kewenagan kepada kewilayahan untuk mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) di tingkat RT/RW. Namun, kebijakan itu sepertinya belum tersosialisasi dengan baik di tingkat paling bawah.

Sebab, Forum Rukun Warga (RW) Kota Bandung mengaku tidak pernah tahu dan dilibatkan dalam persoalan tersebut. Tidak heran, sejak perpanjangan kebijakan Adaptasi Kebiasan Baru (AKB) diperketat belum ada ketua RT/RW yang mengajukan PSBM.

Ketua Forum RW Kota Bandung, Robbiana Dani Awalludin mengatakan, sampai saat ini informasi terkait RW yang sudah mengajukan PSBM masih belum diketahui. Bahkan, menurutnya belum ada yang mengajukan.

"Belum ada (mengajukan) karena ini informasi dari pemkot juga belum lengkap, belum ada pada kami," ujar Robbiana saat dihubungi IDN Times, Kamis (15/10/2020).

1. Forum RW tidak tahu teknis PSBM seperti apa

Diberi Kewenangan Lakukan PSBM, Forum RW Kota Bandung Bingung AturanIDN Times/Humas Bandung

Ia mengungkapkan, berdasarkan informasi, ada satu RW di Sukaraja, Kelurahan Cijerah, Kecamatan Bandung Kulon yang mengajukan PSBM kepada Satgas COVID-19 Kota Bandung. Namun, kata dia, teknis pengajuan yang dilakukan di tingkat kewilayahan tidak jelas.

Dia mengaku, sampai saat ini koordinasi yang dilakukan oleh Gugus Tugas COVID-19 Kota Bandung tidak pernah melibatkan Forum RW.

"Koordinasi dengan pemkot tidak ada dengan satgas juga tidak ada pelaksanaanya, karena kami juga tidak dilibatkan dalam hal ini untuk perencanaan dan sebagainya jadi kita gak tau perkembangannya seperti apa," tuturnya.

"Iya mungkin di daerah tertentu ada seperti daerah Sukaraja itu melibatkan RT/RW karena itu memang daerah alamat pak Wali Kota," tambahnya.

2. Forum RW sebut banyak RW sudah lakukan PSBM

Diberi Kewenangan Lakukan PSBM, Forum RW Kota Bandung Bingung AturanMini lockdown di Kota Cimahi. (IDN Times/Bagus F).

Ia mengungkapkan, saat ini mungkin tanpa diketahui oleh Gugus Tugas COVID-19 Kota Bandung, masing-masing RW sudah menerapkan PSBM. Adapun untuk kelurahan dan pihak kecamatan juga belum berkoordinasi dengan Forum RW.

"RW/RT itu mungkin mereka juga gak tahu dan mungkin pemkot banyak lakukan hal lain dan koordinasi baru sampai lurah, tapi memang kami tidak dilibatkan," jelasnya.

"Kami belum daapt informasi dari camat dan sebagainya belum ada laporan resmi," katanya.

3. Forum RW bingung aturan PSBM seperti apa

Diberi Kewenangan Lakukan PSBM, Forum RW Kota Bandung Bingung AturanMini lockdown di Kota Cimahi. (IDN Times/Bagus F)

Robbiana menambahkan, kebingungan untuk hal teknis PSBM ini masih banyak dirasakan oleh masing-masing RW di Kota Bandung. Ia berharap Pemkot Bandung bisa kembali menjelaskan dan melibatkan RW dalam PSBM ini.

"Kami bingung mau ajukan seperti apa, bagaimana juga kami bingung," kata dia.

4. Satgas COVID-19 Bandung baru terima satu usulan RW untuk PSBM

Diberi Kewenangan Lakukan PSBM, Forum RW Kota Bandung Bingung AturanIDN Times/Humas Bandung

Ketua Harian Satgas COVID-19 Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, sejak perpanjangan AKB Diperketat dalam menanggulangi COVID-19 di Kota Bandung baru menerima satu usulan kewilayahan yang akan menerapkan PSBM.

Menurut dia, usulan itu setelah melihat adanya kasus COVID-19 di wilayah Kelurahan Cijerah, Kecamatan Bandung Kulon. Dengan adanyanya usulan itu, Satgas COVID-19 akan segera menindaklanjuti dengan menunggu Surat Keputusan Wali Kota Bandung dalam menerapkan PSBM di level RT/RW.

"Kami segera proses usulan ini. Baru ada satu yang mengusulkan yakni di Cijerah, Bandung Kulon," kata Ema.

Ema mengatakan, saat ini ada sekitar 57 hingga 58 kelurahan yang terdapat kasus terkonfirmasi positif COVID-19 aktif. Melihat angka kasus itu, kewilayahan bisa mengajukan PSBM di level RT/RW.

Baca Juga: Langgar Protokol Kesehatan, Satpol PP Bandung Kumpulkan Rp50 Juta 

Baca Juga: Ada Kasus COVID-19, Satu Kelurahan Ajukan PSBM ke Satgas Kota Bandung

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya