Daop 2 Bandung: Tiket Kereta Api Lebaran Masih Banyak Tersedia

KAI Daop 2 Bandung sediakan tiket sebanyak 365.692

Bandung, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung memastikan tiket angkutan mudik Lebaran 1445 Hijriah masih tersedia banyak. Dari 365.692 kursi yang disediakan untuk lebaran, kini baru terisi sebanyak 145.320 tiket.

"Update 15 Maret 2024 ini baru terjual sekitar 140.000 tiket jadi masih cukup banyak tersedia," ungkap Manager Humas Daop 2 Bandung, Ayep Hanapi saat dikonfirmasi, Sabtu (16/3/2024).

1. Tiket masih banyak yang belum di-booking

Daop 2 Bandung: Tiket Kereta Api Lebaran Masih Banyak TersediaUnsplash

Ayep mengungkapkan, salah satu alasan calon pemudik belum memesan tiket kereta api pada lebaran tahun ini lantaran masih menunggu kepastian jadwal libur yang ditetapkan oleh pemerintah. Termasuk juga jadwal cuti bagi para pegawai swasta.

"Kondisi ini kemungkinan terjadi karena para calon pemudik ini masih menunggu momen yang tepat, kapan waktu liburnya, kalau mudik kan otomatis seluruh keluarganya di bawa jadi masih menunggu waktu libur sekolah dan libur atau cuti kerja," katanya.

2. Ada beberapa kereta yang sudah penuh

Daop 2 Bandung: Tiket Kereta Api Lebaran Masih Banyak TersediaKereta Api Komuter (KRL) (unsplash.com/Fasyah Halim)

Meski demikian, Ayep menjelaskan, khusus untuk H-7 hingga H-1 Hari Raya Idul Fitri, tiket untuk beberapa jurusan telah habis terjual. Adapun pembukaan penjualan tiket lebaran sudah dilakukan sejak beberapa hari kemarin.

"Khusus hari-hari tertentu keberangkatan dari Stasiun Kiaracondong KA Kahuripan relasi Kiaracondong-Belitar kemudian KA Kutojaya Selatan relasi Kiaracondong-Kuoarjo tanggal 1 April 2024 sampai 12 April 2024 sudah habis terjual," ujarnya.

3. Warga diminta segera memesan tiket lebaran

Daop 2 Bandung: Tiket Kereta Api Lebaran Masih Banyak TersediaKereta Api Komuter (KRL) (unsplash.com/Fasyah Halim)

Ayep mengimbau kepada para calon pemudik untuk segera menentukan waktu keberangkatan yang tepat selama tiket angkutan Lebaran 1445 H masih tersedia. Jangan sampai pemesanan dilakukan secara mendadak untuk mengurangi resiko kehabisan tiket.

"Pada intinya PT KAI Daop 2 Bandung menyiapkan sebanyak 365.692 tempat duduk (tiket) selama angkutan Lebaran mulai tanggal 31 Maret sampai dengan 21 April 2024 jadi selama 22 hari. Itu sudah plus dengan KA tambahan," katanya.

Baca Juga: KAI Bandara Perbolehkan Penumpang Buka Puasa di Kereta

Baca Juga: PT KAI Minta Maaf Perjalanan KA Daop 6 Terdampak Banjir Semarang

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya