Daop 2 Bandung Antisipasi 88 Titik Rawan Bencana saat Mudik Lebaran

PT KAI Daop 2 Bandung lakukan beberapa langkah mitigasi

Bandung, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Indonesia daerah operasi (daop) 2 Bandung mengantisipasi 88 titik rawan bencana selama musim mudik Lebaran 1445 Hijriah. Puluhan titik rawan ini berpotensi terjadi longsor dan bencana alam banjir.

"KAI Daop 2 Bandung telah siaga memetakan daerah-daerah pemantauan khusus di lintas wilayah kerja. Setidaknya terdapat 88 titik daerah pemantauan khusus lokasi potensi banjir, tanah labil, longsor dan rawan," kata Manager Humas Daop 2 Bandung, Ayep Hanapi, Rabu (20/3/2024).

1. Normalisasi saluran rel kereta api terus dilakukan

Daop 2 Bandung Antisipasi 88 Titik Rawan Bencana saat Mudik LebaranGerbong kereta Joglosemarkerto bisa melintaai jalur rel petak Semarang Tawang-Alastua karena banjir mulai berkurang. (IDN Times/Dok Humas KAI Daop 4 Semarang)

Ayep merinci, titik rawan bencana ini ada 19 titik tanah labil, 45 titik daerah lokasi longsor, 11 titik rawan banjir dan 13 titik jembatan (bangunan hikmat) rawan. Sejumlah pencegahan telah dilakukan agar perjalanan angkutan lebaran berjalan aman dan lancar.

"Pencegahan bencana banjir dengan melakukan normalisasi saluran jalan kereta api dari tumpukan sampah, sedimen atau pendangkalan saluran, perkuatan tubuh jalan kereta api dengan pancangan dari rel bekas dan bronjong," jelasnya.

2. Peralatan mitigasi kebencanaan dipersiapkan di titik rawan

Daop 2 Bandung Antisipasi 88 Titik Rawan Bencana saat Mudik LebaranGoogle Picture

KAI Daop 2 Bandung juga melakukan penananam pohon akar wangi untuk mencegah longsor serta penempatan alat material untuk siaga di 14 titik. Yaitu di Stasiun Cibungur, Purwakarta, Cibeber, Rendeh, Padalarang, Cimahi, Bandung, Kiaracondong, Cicalengka, Cibatu, Ciawi, Tasikmalaya dan Banjar.

"Alat material untuk siaga disiapkan untuk mengantisipasi banjir dan ambles di titik pemantauan khusus," katanya. 

3. Petugas akan melakukan pemantauan ekstra di lokasi rawan

Daop 2 Bandung Antisipasi 88 Titik Rawan Bencana saat Mudik LebaranDOK. KAI Kereta Ekonomi New Generation Beroperasi pada KA Gaya Baru Malam Selatan

Ayep menambahkan, alat material untuk siaga terdiri dari peralatan kerja dan material, diantaranya bantalan rel dan batu balas. Persiapan tersebut untuk tindakan cepat ketika terjadi gangguan.

"Kami juga menerjunkan petugas dari Daop 2 Bandung untuk melakukan pemantauan di lokasi daerah pemantauan khusus sebanyak 32 pegawai dan menambah Petugas Penilik Jalur (PPJ) ekstra sebanyak 60 pegawai," kata dia.

KAI Daop 2 Bandung telah menempatkan lokomotif posko di Depo Lokomotif Bandung dan Stasiun Cibatu, serta menempatkan Kereta Pembangkit di Depo Kereta Bandung dan Crane DJKA di Depo Lokomotif Bandung.

Adapun tiket kereta api untuk mudik Lebaran 1445 Hijriah saat ini telah terjual sebanyak 145.215. Total tiket yang disiapkan untuk lebaran sebanyak 365.692

Baca Juga: Gerindra Menang di Jabar XI, Putri Ma'ruf Amin Gagal ke Senayan

Baca Juga: PDIP Taklukkan Jabar X, Iwan Bule Gagal Dapat Kursi Panas di Senayan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya