Dalam Sepekan Ada 136 Kasus Positif Virus Corona Baru di Kota Bandung

Penambahan kasus ditemukan berdasarkan hasil swab test

Bandung, IDN Times - Kasus positif virus corona (COVID-19) di Kota Bandung terus bertambah. Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Bandung menyebut adanya penambahan 136 kasus positif virus corona baru hanya dalam satu pekan terakhir.

Koordinator Bidang Perencanaan, Data, Kajian dan Analisa Gugus Tugas COVID-19 Kota Bandung, Ahyani Raksanagara mengatakan, penambahan kasus ini ditemukan berdasarkan hasil swab test yang terus dilakukan Dinas Kesehatan Kota Bandung sejak beberapa hari lalu.

1. Penanganan terhadap orang dengan positif corona terus dilakukan Pemkot Bandung

Dalam Sepekan Ada 136 Kasus Positif Virus Corona Baru di Kota BandungIlustrasi corona. IDN Times/Arief Rahmat

Ia menuturkan, penambahan kasus merupakan hasil dari kinerja Pemkot Bandung yang terus melakukan swab test. Di sisi lain, penanganan kasus pada orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 juga terus dilakukan Pemkot Bandung.

"Saat ini penambahan kasus baru merupakan konsekuensi dari pelacakan aktif dan kemampuan pemeriksaan laboratorium," ujar Ahyani saat dihubungi, Senin (28/9/2020).

2. Total ada 1.248 kasus virus corona di Kota Bandung

Dalam Sepekan Ada 136 Kasus Positif Virus Corona Baru di Kota BandungIlustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

Kemudian, ia menjelaskan, jika dijumlahkan dengan data per 21 September 2020, Pemkot Bandung mencatat adany 1.112 kasus COVID-19 secara kumulatif. Dari ribuan kasus itu, ada 878 orang yang sembuh dari COVID-19 dan 54 orang lainnya dinyatakan meninggal dunia.

"Setelah itu, pada 27 September 2020, kasus COVID-19 baru bertambah 136 orang. Jadi total ada 1.248 kasus secara kumulatif," jelasnya.

3. 55 orang di Kota Bandung dinyatakan meninggal karena virus corona

Dalam Sepekan Ada 136 Kasus Positif Virus Corona Baru di Kota BandungIlustrasi corona (IDN Times/Mardya Shakti)

Meski terjadi penambahan kasus, Ahyani menambahkan, hal itu sebanding dengan adanya penambahan angka kesembuhan COVID-19 di Kota Bandung. Saat ini, sudah ada sebanyak 1.041 orang di Kota Bandung dinyatakan sembuh dari virus corona.

"Untuk jumlah kematian bertambah satu orang, menjadi total 55 orang yang meninggal akibat COVID-19," katanya.

4. Kota Bandung masih dinyatakan zona oranye

Dalam Sepekan Ada 136 Kasus Positif Virus Corona Baru di Kota Bandungchrome

Untuk diketahui, saat ini Kota Bandung masih menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang diperketat. Kota Bandung juga masih dinyatakan masuk dalam zona oranye oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Meski begitu, Pemerintah Kota Bandung mengaku akan memperketat protokol kesehatan di tingkat keluarga. Hal itu dilakukan guna meminimalisir adanya penambahan kasus klaster keluarga.

Baca Juga: Temui Titik Terang, Surat Cerai Soekarno-Inggit Akan Diambil Pemerintah

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya