Daftar 10 Caleg Artis DPR RI Dapil Jabar Dengan Suara Terbanyak! 

Primus peringkat pertama artis dengan suara terbanyak

Bandung, IDN Times - Artis dari kalangan penyanyi hingga pemeran film turut mewarnai gelaran Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 di Jawa Barat. Mereka turut mencari suara di masing-masing daerah pemilihan (Dapil) agar bisa duduk di kursi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).

KPU RI sendiri telah membagi 27 kabupaten dan kota yang ada di Jawa Barat, menjadi 11 dapil untuk DPR RI. Kuota kursi masing-masing dapil juga telah ditentukan. Sehingga, seluruh kader artis dari berbagai partai ini berbondong-bondong bersaing dengan tokoh-tokoh politik untuk memperoleh suara terbanyak agar bisa duduk di kursi legislatif.

Adapun sebelas Dapil DPR RI di Jawa Barat beserta kuota kursinya ini yaitu Dapil Jawa Barat I (Kota Bandung, Kota Cimahi), kuota tujuh kursi. Dapil Jawa Barat II, (Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat), kuota sepuluh kursi. Dapil Jawa Barat III, (Kabupaten Cianjur, Kota Bogor), kuota sembilan kursi.

Dapil Jawa Barat IV, (Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi), kuota enam kursi; Dapil Jawa Barat V, (Kabupaten Bogor), kuota sembilan kursi; Dapil Jawa Barat VI, (Kota Bekasi, Kota Depok), kuota enam kursi; Dapil Jawa Barat VII, (Purwakarta, Karawang, Bekasi), kuota sepuluh kursi; Dapil Jawa Barat VIII, (Cirebon, Kota Cirebon, Indramayu), total sembilan kursi.

Selain itu ada juga Dapil Jawa Barat IX, (Majalengka, Sumedang, Subang), kuota delapan kursi; Dapil Jawa Barat X, (Ciamis, Kuningan, Pangandaran, Kota Banjar), kuota tujuh kursi; Dapil Jawa Barat XI, (Garut, Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya), kuota sepuluh kursi.

Lalu siapa saja sepuluh artis yang memperoleh suara terbanyak berdasarkan data real count dari laman pemilu2024.kpu.go.id pada 20 Februari 06:00-16:00 WIB, rekapitulasi suara suara berporgres, 4893 dari 8984 TPS (54.45 persen).

1. Primus Yustisio, Dapil Jabar V

Daftar 10 Caleg Artis DPR RI Dapil Jabar Dengan Suara Terbanyak! (Instagram/@jihanfahirareal)

Politisi sekaligus Artis dari Partai Amanat Nasional (PAN), Primus Yustisio turut memperoleh suara terbanyak di Dapil Jawa Barat V. Dia memperoleh suara 57.770 suara. Suami dari Jihan Fahira itu turut mengalahkan beberapa artis dari partai lainnya.

2. Dede Yusuf Macan Effendi, Dapil Jabar II

Daftar 10 Caleg Artis DPR RI Dapil Jabar Dengan Suara Terbanyak! Wikipedia

Dede Yusuf Macan Effendi turut meraih suara terbanyak dari kalangan artis di Dapil Jabar II. Maju melalui Partai Demokrat, artis kawakan yang sempat bermain di film Catatan si Boy itu turut memperoleh 48.203 suara.

3. Mulan Jameela, Dapil Jabar XI

Daftar 10 Caleg Artis DPR RI Dapil Jabar Dengan Suara Terbanyak! (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Suara Istri Ahmad Dani, Mulan Jameela cukup moncer di Dapil Jabar XI. Dia turut mengalahkan beberapa artis lainnya yang juga maju melalui daerah pemilihan sama dengan dirinya. Politisi Partai Gerindra ini memperoleh 43.660 suara.

4. Tommy Kurniawan, Dapil Jawa Barat V

Daftar 10 Caleg Artis DPR RI Dapil Jabar Dengan Suara Terbanyak! Tommy Kurniawan dan istri pramugarinya (Instagram.com/tommykurniawan)

Artis sekaligus pesinetron, Tommy Kurniawan tergolong sukses merebut suara konstituennya di Dapil Jawa Barat V. Politisi PKB itu kini memperoleh suara yang tergolong banyak, mencapai 46.261 suara. Dia sendiri merupakan petahana.

5. Rachel Maryam, Dapil Jabar II

Daftar 10 Caleg Artis DPR RI Dapil Jabar Dengan Suara Terbanyak! (Istimewa)

Berada di Dapil Jabar II, tidak membuat Rachel Maryam kalang-kabut. Politisi Partai Gerindra ini bisa bersaing dengan beberapa tokoh lainnya di daerah pemilihan yang kerap disebut Dapil neraka itu. Dia turut memperoleh 30.659 suara.

6. Desy Ratnasari, Dapil Jabar IV

Daftar 10 Caleg Artis DPR RI Dapil Jabar Dengan Suara Terbanyak! Desy Ratnasari dapat kejutan ultah dari para teman kader PAN (instagram.com/desyratnasariterdepan)

Desy Ratnasari mungkin memiliki strategi tersendiri dalam menjadi Caleg DPR RI Dapil Jabar IV. Politisi PAN ini hanya satu-satunya caleg artis yang ada di daerah pemilihan itu. Desy kini memperoleh 30.154 suara.

7. Melly Goeslaw, Dapil Jabar I

Daftar 10 Caleg Artis DPR RI Dapil Jabar Dengan Suara Terbanyak! OOTD Melly Goeslaw (instagram.com/melly_goeslaw)

Vokalis dari Band Potret, Melly Goeslaw cukup banyak meraih suara di Dapil Jabar I. Bertarung dengan artis dan tokoh politik pesohor tanah air tidak membuat Melly ditinggal para pemilihnya. Menggunakan kendaraan Partai Gerindra, Melly turut memperoleh 26.269 suara.

8. Ali Syakeb, Dapil Jabar VII

Daftar 10 Caleg Artis DPR RI Dapil Jabar Dengan Suara Terbanyak! IDN Times/Istimewa

Pesinetron tanah air, Ali Syakeb juga memperoleh hasil yang baik di Dapil Jabar VII. Sebelum bergabung dengan PDI Perjuangan dia sempat menjadi caleg Nasdem. Kini bersama PDI dia memperoleh 23.988 suara.

9. Nurul Arifin, Dapil Jabar I

Daftar 10 Caleg Artis DPR RI Dapil Jabar Dengan Suara Terbanyak! Nurul Arifin kampanye bersama Golkar (Instagram.com/na_nurularifin)

Nurul Arifin merupakan caleg petahana dari Dapil Jabar I. Politisi Partai Golkar ini turut memperoleh 22.658 suara. Nurul kini bersaing secara ketatat dengan Atalia Praratya istri Ridwan Kamil. Dalam real count sementara, Nurul jauh tertinggal dari Atalia.

10. Muhammad Farhan, Dapil Jawa Barat I

Daftar 10 Caleg Artis DPR RI Dapil Jabar Dengan Suara Terbanyak! IDN Times/Istimewa

Muhammad Farhan merupakan Politisi Nasdem. Dia juga merupakan caleg petahana. Farhan kini memperoleh 19.387 suara, mengalahkan beberapa kader Nasdem lainnya. Namanya juga kini santer masuk dalam bursa Pilwalkot Bandung pada periode 2024-2029.

Baca Juga: Dede Yusuf Ungguli Semua Caleg Artis DPR RI Dapil Jabar II

Baca Juga: Prestasi Verrell Bramasta Caleg Artis Dapil 7 Jabar, buat Modal ke DPR

Disclaimer:
Hasil yang ditampilkan KPU ini bukan hasil akhir Pemilu 2024. KPU menyatakan publikasi form model C/D hasil adalah hasil penghitungan suara di TPS dengan tujuan memudahkan akses informasi publik.

KPU juga menyatakan penghitungan suara yang dilakukan oleh KPPS, rekapitulasi hasil penghitungan suara dan penetapan hasil pemilu dilakukan secara berjenjang dalam rapat pleno terbuka oleh PPK, KPU kabupaten/kota, KPU provinsi, dan KPU berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya