Dada Rosada Hingga Bekas Kalapas Sukamiskin Positif COVID-19

Semua terpidana korupsi ini tengah menjalani isolasi mandiri

Bandung, IDN Times - Mantan Wali Kota Bandung, Dada Rosada dinyatakan positif COVID-19 di Lapas Sukamiskin. Ia dinyatakan terinfeksi corona bersama dengan sejumlah mantan pejabat tinggi lainnya yang kini masih menjalani sisa hukuman di Lapas Sukamiskin.

Selain Dada Rosada, Kalapas Sukamiskin Asep Sutandar mengatakan, yang turut dinyatakan positif corona adalah eks Sekretaris Daerah Kota Bandung Edi Siswadi, eks Kalapas Sukamiskin Wahid Husen, eks hakim PN Bandung Setyabudi Tedjocahyono.

"Mereka dinyatakan positif usai menjalani hasil swab test antigen yang dilakukan pada Kamis (4/2/2021)," ujar Asep saat ditemui di Lapas Sukamiskin, Senin (8/2/2021).

1. Dada Rosada masuk dalam 51 pejabat yang dinyatakan COVID-19

Dada Rosada Hingga Bekas Kalapas Sukamiskin Positif COVID-19(Kalapas Sukamiskin Asep Sutandar) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Sebelumnya, Asep mengatakan bahwa ada 51 orang warga binaan dari terpidana korupsi yang dinyatakan positif corona. Adapun nama Dada Roda masuk dalam daftar terpidana korupsi yang dinyatakan positif corona.

"Tiga pegawai sebelumnya dinyatakan positif, itu beda waktu pengetesan. Sebanyak 51 orang ini yang kemarin swab tes antigen, itu hari Kamis," ungkapnya.

2. Kalapas Sukamiskin prihatin dengan kondisi ini

Dada Rosada Hingga Bekas Kalapas Sukamiskin Positif COVID-19(Kalapas Sukamiskin Asep Sutandar) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Seluruh warga binaan yang sudah dinyatakan positif ini tengah menjalani isolasi di sel masing-masing. Menurutnya, dokter lapas akan terus memantau kesehatan dan penanganan terhadap yang positif akan dilakukan.

"Bahwa saya juga prihatin. Kami kerja sama dengan dinas kesehatan, untuk segera mengetahui hasil ini. Semuanya isolasi mandiri karena kebetulan one man one cell," katanya.

3. Narapidana dan pegawai lapas jalani swab antigen pada Kamis pekan lalu

Dada Rosada Hingga Bekas Kalapas Sukamiskin Positif COVID-19Terpidana korupsi Setya Novanto atau akrab disapa Setnov menjalani swab test virus corona (COVID-19) di Lapas Sukamiskin, Kamis (4/2/2021). IDN Times/Azzis Zulkhairil

Diberitakan sebelumnya, Kabag Tata Usaha Lapas Sukamiskin Nunus Ananto mengatakan bahwa swab test dilakukan guna meminimalisir terjadinya penyebaran corona di dalam lapas. Ia menyebut, ada enam napi dinyatakan positif corona.

"Total ada 457 orang yang menjalani swab massal di Lapas Sukamiskin. Ada 358 napi dan 111 pegawai," ujar Nunus.

4. Ada enam warga binaan yang dinyatakan positif COVID-19

Dada Rosada Hingga Bekas Kalapas Sukamiskin Positif COVID-19

Ia menjelaskan, semua warga binaan diwajibkan untuk mengikuti tes tanpa terkecuali terpidana-terpidana korupsi yang kini masih menjalani masa hukuman di Lapas Sukamiskin.

"Kita sebelumnya sudah melaksanakan tes, dan hasil tes acak kemarin itu terdapat enam orang yang positif. Di mana satu diisolasi di rumah sakit, lima (isolasi) mandiri. Itu dipisahkan dari warga binaan lain," tuturnya.

Baca Juga: 51 Narapidana Tipikor Lapas Sukamiskin Dinyatakan Positif COVID-19

Baca Juga: 6 Positif Corona, Terpidana Korupsi Lapas Sukamiskin Jalani Swab Test

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya