Cegah Penyebaran COVID-19, Polda Jabar Bakal Patroli Skala Besar

Warga yang hanya berkerumun diharapkan membubarkan diri

Bandung, IDN Times - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat akan melakukan patroli skala besar guna memutuskan mata rantai virus corona atau COVID-19. Patroli tersebut rencananya akan dilakukan mulai malam hari ini, Kamis (9/4).

Dengan akan diberlakukan patroli besar, Polda Jabar meminta masyarakat tidak melakukan aktivitas yang sifatnya mengumpulkan banyak masa pada malam hari.

1. Tidak ada jam malam di Jabar

Cegah Penyebaran COVID-19, Polda Jabar Bakal Patroli Skala Besar(Ilustrasi) Suasana di Kota Banda Aceh saat pemberlakuan jam malam (Dok. Istimewa)

Kapolda Jabar, Irjen Pol Rudy Sufahriadi mengatakan, untuk pemberlakuan jam malam di Jabar memang belum ada. Namun, Polda Jabar akan melakukan patroli sekala besar pada malam hari ini.

"Kalau patroli skala besar pada malam hari kita lakukan. Jadi bagi masyarakat yang tidak ada kegiatan dan hanya berkumpul, kita imbau untuk membubarkan diri," ujar Rudy berdasarkan keterangan resmi yang diterima IDN Times, Kamis (9/4).

2. Patroli skala besar berdasarkan Maklumat Kapolri

Cegah Penyebaran COVID-19, Polda Jabar Bakal Patroli Skala BesarMaklumat Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran COVID 19

Rudy menuturkan, pemberlakuan patroli tersebut berlaku khusus untuk seluruh wilayah hukum Polda Jabar. Menurutnya, hal tersebut juga sudah berdasarkan maklumat Kapolri dimana dalam salah satu poinnya menyebut masyarakat diimbau tidak melakukan perkumpulan yang mengundang masa banyak.

"Patroli malam skala besar dilaksanakan di seluruh Jabar, polres melakukan dan Polda melakukan, kita campur semuanya. Sudah mulai dilakukan semuanya. Sejak sebelumnya sudah dilakukan itu," ungkapnya.

3. PSBB masih dalam tahap koordinasi pemprov Jabar dan pemerintah pusat

Cegah Penyebaran COVID-19, Polda Jabar Bakal Patroli Skala BesarDok.Humas Jabar

Rudy menyebutkan, untuk pembahasan soal Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) saat ini masih sedang dikoordinasikan oleh Pemprov Jabar, sehingga Ia mengaku belum bisa berkomentar banyak perihal tersebut. Namun, Ia mengaku, Polda Jabar telah siapkan beberapa rencana.

"Saat ini Pak Gubernur lagi bersurat PSBB itu Bogor Kota dan Bogor Kabupaten ya. Itu saja belum, nanti itu keluar nanti kita sudah siapkan rencananya," kata dia.

Baca Juga: Penyebaran COVID-19 Merata di Bandung, Pemkot Belum Usulkan PSBB 

Baca Juga: Pemkot Bandung Tambah Anggaran Penanggulangan COVID-19 Jadi Rp298,2 M

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya