Cegah Kerumunan Warga, Masjid Raya Bandung Potong Hewan Kurban di RPH

Hewan kurban akan disembelih pad hari Sabtu (1/8/2020)

Bandung, IDN Times - Panitia pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di Masjid Raya Bandung telah mengubah proses pemotongan hewan yang biasa dilakukan di kawasan masjid. Pada tahun ini, panita memindahkan proses penyembelihan hewan kurban di Rumah Potong Hewan (RPH) Ciroyom, Kota Bandung.

Hal itu untuk mengantisipasi adanya penumpukan atau kerumunan warga. Proses pemotongan hewan kurban rencananya akan dilaksanakan pada Sabtu(1/8/2020).

1. Dipotong hari Sabtu karena RPH sudah penuh

Cegah Kerumunan Warga, Masjid Raya Bandung Potong Hewan Kurban di RPHANTARA FOTO/Makna Zaezar

Ketua DKM Masjid Raya Bandung, Muchtar Gandaatmaja mengatakan, setelah hewan dipotong, untuk pembagian daging bagi mustahik atau penerima zakat juga tidak lagi akan menggunakan kupon, melainkan langsung door to door.

"Sekarang InsyaAllah akan disembelih di rumah potong hewan, RPH di Ciroyom dan tidak hari Jumat. Kita potong hari Sabtu, karena RPH sudah penuh dan tidak kebagian jadwal," ujar Muchtar saat dihubungi, Senin (27/7/2020).

2. Daging kurban akan dibagikan ke dua ribu mustahik

Cegah Kerumunan Warga, Masjid Raya Bandung Potong Hewan Kurban di RPHIDN Times/Larasati Rey

Selain pembagian penyembelihan digelar di RPH, saat ini jumlah mustahik yang akan mendapatkan jatah hewan kurban juga tidak sama dengan tahun sebelumnya, Muchtar mengatakan, saat ini kemungkinan hanya akan dibagikan pada dua ribuan mustahik.

"Kalau tahun ini separuh dari kemarin, tahun kemarin, tahun kemarin jumlah empat ribu mustahik, sapi ada 12. Sekarang ada enam kayaknya sekarang dua ribuan mustahik," ungkapannya.

3. Pembagian daging tidak lagi menggunakan kupon

Cegah Kerumunan Warga, Masjid Raya Bandung Potong Hewan Kurban di RPHANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Pembagian hewan kurban secara door to door juga dinilai lebih efektif dalam kondisi pandemik COVID-19 seperti saat ini. Menurutnya, 60 pengurus masjid nantinya akan langsung membagikan berdasarkan data mustahik.

"Teknis pembagian pengurus masjid raya ada 60 orang yang 2000 kalau masing-masing satu kilogram berarti tiga ribu kilo di bagi ke 60 orang. Nanti staf dan penguris masjid raya sebarin ke temapt masing-masing," tuturnya.

4. Hanya ada enam hewan kurban, salah satunya sapi limousin Jokowi

Cegah Kerumunan Warga, Masjid Raya Bandung Potong Hewan Kurban di RPHIlustrasi hewan kurban, Sapi Limousin. (IDN Times/Bagus F)

Muchtar menambahkan, hewan kurban yang akan disembelih ada dari Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan ada dari Kapolda Jawa Barat. Semua hewan tersebut akan dipotong di RPH Ciroyom.

"Karena masjid raya ini banyak dititipin dari pejabat, misalnya dari bantuan presiden satu, gubernur satu, Telkom satu, kapolda satu bank jabar satu. Presiden sumbang sapi limousin satu ton 1.150 kilogram," kata dia.

Baca Juga: Ganjar Imbau Warga Jateng Potong Hewan Kurban Iduladha di RPH

Baca Juga: Bacaan Doa dan Tata Cara Penyembelihan Hewan Kurban saat Idul Adha 

Baca Juga: 7 Keutamaan Puasa Bulan Dzulhijjah Menjelang Idul Adha, Istimewa!

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya