Cegah Corona, Bandara Husein Tunda 3 Penerbangan Malaysia-Singapura

Penundaan permintaan dari maskapai penerbangan

Bandung, IDN Times - Sebanyak tiga maskapai yang melayani penerbangan internasional dari Bandara Husein Sastranegara (Bandung) menuju Singapura dan Malaysia ditunda sementara keberangkatannya pada Selasa (3/2). Langkah penundaan tersebut tak lain dari antisipasi terhadap penyebaran virus Corona (COVID-19) yang melanda negara Malaysia, Singapura, dan Indonesia.

Sebagaimana diketahui, tiga negara ini telah menyatakan ada kasus pasien positif terpapar COVID-19. Secara otomatis tiga maskapai yakni Air Asia, Malindo dan Citylink melakukan cancel keberangkatan dari Bandara Husein Sastranegara.

1. Penundaan penerbangan baru dilakukan hari ini

Cegah Corona, Bandara Husein Tunda 3 Penerbangan Malaysia-SingapuraIDN Times/Azzis Zulkhairil

Officer in Charge (OIC) Bandara Husein Sastranegara, Heru Trimulyono mengatakan, penundaan penerbangan berlaku Selasa(3/3), hari ini. Hal tersebut juga sesuai surat edaran dari tiga maskapai yang menyatakan agar memberhentikan sementara penerbangan ke dua negara tersebut.

"Pemberhentian belum lama setelah ada pemberitaan semakin gencar tentang virus Corona, dari Air Lines melakukan cancel penerbangan itu," ujar Heru saat ditemui IDN Times di Bandung, Selasa (3/3).

2. Penundaan penerbangan keinginan dari maskapai penerbangan

Cegah Corona, Bandara Husein Tunda 3 Penerbangan Malaysia-SingapuraIDN Times/Azzis Zulkhairil

Surat penundaan maskapai penerbangan itu baru diterima Angkasa Pura II sejak Selasa(3/3). Menurutnya, penundaan bukan berarti pemberhentian, tetapi untuk antisipasi penyebaran virus Corona masuk di wilayah lain khususnya Indonesia.

"Ini cancel, bukan pemberhentian. Jadi ini sesuai surat dari maskapai atau Air Lines itu tadi. Penundaan sementara dan tidak terus-terusan," ungkapnya.

3. Pejabat dan ASN juga dilarang bepergian ke luar negeri

Cegah Corona, Bandara Husein Tunda 3 Penerbangan Malaysia-SingapuraIDN Times/Azzis Zulkhairil

Heru menambahkan, penundaan penerbangan berlaku tidak hanya untuk masyarakat biasa saja. Otoritas Bandara Husein Sastranegara juga telah menerima surat larangan bagi pejabat ataupun Aparatur Sipil Negara (ASN) di Jabar untuk melakukan kunjungan keluar negeri khususnya negara terjangkit virus corona.

"ASN Pemkot Bandung dan Pemprov Jabar serta daerah lain yang akan berangkat keluar negeri melalui Husein juga ada surat penundaannya," katanya.

4. Penundaan belum dipastikan akan berlaku sampai kapan

Cegah Corona, Bandara Husein Tunda 3 Penerbangan Malaysia-SingapuraIDN Times/Azzis Zulkhairil

Disinggung soal penundaan akan berlaku sampai kapan, Heru mengaku, masih belum mengetahui hal tersebut. Menurutnya, keputusan penundaan bisa dicabut kapan saja sesuai kebijakan Air Lines.

"Kita akan update terus, karena selama ini pemberhentian sebagai antisipasi virus Corona atau COVID-19, kalau ditanya pastinya saya belum tau," kata dia.

Baca Juga: Jabar Siaga Virus Corona, Polisi Belum Batalkan Kegiatan Besar

Baca Juga: Jabar Siaga Satu, Pemkot Bandung Bentuk Timsus Virus Corona

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini.

Baca Juga: Waspada Corona, Dinkes Bandung: 24 Warga Dalam Pemantauan COVID-19

Baca Juga: RS Paru Rotinsulu Bandung Observasi 1 Pasien dengan Gejala Corona

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya