Cara Disparbud Jabar Tingkatkan Kunjungan Wisatawan Asing 

Beberapa calon wisatawan mulai banyak tertarik ke Jabar

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus menggenjot kunjungan wisatawan mancanegara salah satunya ASEAN. Mereka baru saja ikut serta dalam pameran Malaysian Association of Tour and Travel Agents (MATTA) Fair yang diyakini dapat membuat para wisatawan tertarik. 

Adapun kegiatan pameran ini berlangsung di Malaysia International Trade and Exhibition Centre (MITEC) Kuala Lumpur, 6-8 September 2024. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar mengatakan, acara itu menarik lebih dari 180.000 pengunjung setiap tahunnya. 

"MATTA Fair ini menjadi salah satu pameran travel atau tourism yang paling luar biasa untuk tingkat ASEAN. Sebab ternyata segmen pasar ASEAN ini sangat potensial sekali," katanya, Senin (9/9/2024).

1. Hadirkan paket wisatawan yang menarik

Cara Disparbud Jabar Tingkatkan Kunjungan Wisatawan Asing (Istimewa)

Dengan transaksi penjualan yang mencapai lebih dari 300 juta Ringgit Malaysia (RM), kegiatan ini menjadi ajang penting sehingga dihadiri oleh ribuan agen perjalanan, tour operator, maupun wisatawan dari seluruh dunia.

"Yang paling menarik adalah penawaran paket-paket wisata dari masing-masing negara. Ini perlu menjadi catatan penting bagi Indonesia, khususnya Jawa Barat. Sebab kita memiliki potensi luar biasa dan itu menjadi kekuatan daya tarik untuk para wisatawan," ujar Benny.

2. Hari pertama diserbu calon wisatawan

Cara Disparbud Jabar Tingkatkan Kunjungan Wisatawan Asing (Istimewa)

Selain itu, Benny menuturkan, Pemprov Jawa Barat berhasil mencapai banyak kesepakatan dalam acara itu, khususnya untuk kunjungan wisatawan. Para pengunjung menurutnya tertarik dan mau mencari tahu soal wisata Jawa Barat. 

"Hari kedua dan ketiga mereka melakukan dealing atau kesepakatan untuk hadir ke Jawa Barat. Tentunya hal ini perlu ada kesiapan dari destinasi wisata itu sendiri, terutama kabupaten/kota untuk menerima wisatawan mancanegara khususnya dari ASEAN," katanya. 

3. Mengajak pelaku wisata turut bangkitkan BIJB

Cara Disparbud Jabar Tingkatkan Kunjungan Wisatawan Asing Inin Nastain IDN Times/ BIJB Kertajati

Lebih lanjut, Benny menambahkan, hal itu akan membawa dampak positif, baik bagi pertumbuhan ekonomi di sektor pariwisata, budaya, dan ekonomi kreatif, serta dalam mengoptimalisasi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

"Kami mengajak para agen perjalanan yang memiliki komitmen untuk mengembangkan Jawa Barat khususnya dengan memanfaatkan Bandara Kertajati. Sebab itu menjadi salah satu misi kami yakni mendorong wisatawan hadir melalui Kertajati," kata dia.

Baca Juga: KPU Jabar: Pilkada Ciamis Dipastikan Lawan Kotak Kosong! 

Baca Juga: 4 Bapasalon Pilgub Jabar Serahkan Perbaikan Dokumen Pendaftaran

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya