Calonkan Wagub Uu di Pantura, PPP Jabar Tak Takut Kalah di Tasikmalaya

PPP Jabar optimis Wagub Jabar Uu menang di Pantura

Bandung, IDN Times - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jawa Barat (Jabar) percaya diri bisa meraih kursi DPR RI Dapil XI meski Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum dicalonkan untuk bertarung menjadi Caleg DPR RI Dapil Jabar VIII.

Wagub Uu Ruzhanul Ulum sendiri merupakan kader PPP Jabar yang besar dari Tasikmalaya. Dia juga menjadi Bupati Tasikmalaya dua periode, kemudian maju Pilgub Jabar 2018 bersama Ridwan Kamil dan menang.

Kabupaten Tasikmalaya sendiri masuk dalam Dapil XI bersama Kota Tasikmalaya, dan Kabupaten Garut. Meski nama Uu kuat di wilayah Tasikmalaya, pada Pemilu 2024, Wagub Uu akan maju nyaleg DPR RI dari PPP di Dapil Jabar VIII meliputi Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Indramayu.

1. Uu banyak berkomunikasi dengan pesantren di Pantura

Calonkan Wagub Uu di Pantura, PPP Jabar Tak Takut Kalah di TasikmalayaWakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum Dok. Humas Jabar

Plt. Ketua DPW PPP Jabar, Pepep Saepul Hidayat mengatakan, strategi menempatkan Wagub Uu untuk DPR RI di Dapil delapan merupakan keputusan tepat, meski Wagub Uu memiliki banyak loyalis di wilayah Tasikmalaya.

"Pak Uu memang betul kelahiran Tasikmalaya dan pengalaman politiknya sebagai bupati dua periode. Itu kan pasti basisnya di Tasikmalaya. Tetapi ya kami tidak boleh lupa juga bahwa Pak Uu selama jadi Wakil Gubernur Jawa Barat lebih aktif berkomunikasi, bersilaturahmi dengan kalangan pesantren," ujar Pepep, Kamis (18/5/2023).

2. PPP Jabar banyak bawa kader di Pantura

Calonkan Wagub Uu di Pantura, PPP Jabar Tak Takut Kalah di TasikmalayaPlt Ketua DPW PPP Jabar, Pepep Saiful Hidayat (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Wilayah Pantura sendiri merupakan basis masa pesantren. Menurutnya, PPP juga akan banyak dibantu oleh tokoh Islam di wilayah Pantura untuk memaksimalkan raihan kursi DPR RI di Pileg 2024.

"Kan dari kalangan pesantren ada Pak Uu dan Gus Amut putranya Mustofa Aqil. Terus dari kalangan akademisi ada Pak Yanto, dari aktivis sosial kemanusiaan dari Bu Anggi, jadi dari berbagai latar belakang itu kami harapkan bisa menyentuh semua elemen," katanya.

3. Tasikmalaya sudah banyak kader pilihan

Calonkan Wagub Uu di Pantura, PPP Jabar Tak Takut Kalah di TasikmalayaANTARA FOTO/Novrian Arbi

PPP Jabar sendiri turut melakukan evaluasi dari Pileg sebelumnya. Di mana PPP memperoleh suara yang kecil di wilayah Pantura. Hal ini berbanding terbalik dengan wilayah Tasikmalaya, sehingga dengan strategi saat ini diharapkannya bisa dapat meraih suara banyak.

"Di Tasikmalaya kami punya petahana, Bu Nurhayati. Kemudian, maju juga Pak Lucky Lukmansyah Senggana dari Kabupaten Garut, lalu Kang Acep Zamzam, Pak Marlan. Di Tasikmalaya semuanya menjadi memiliki kesempatan saya kira," kata dia.

Baca Juga: PPP Belum Pastikan Dukung Uu Ruzhanul Ulum di Pilgub Jabar 2024

Baca Juga: DPW PPP Jabar Siap Amankan Suara Ganjar di Pilpres 2024

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya