Calon Jemaah Haji Asal Jabar 2024 Mayoritas Lansia, Jumlahnya 16 Ribu

Lansia mendapatkan prioritas khusus pada tahun 2024 ini

Bandung, IDN Times - Sebanyak 40.201 orang calon jemaah haji dan petugas asal Jawa Barat akan berangkat ke tanah Suci di 2024. Keberangkatan kloter pertama mulai pada Minggu (12/5/2024).

Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Barat memastikan hampir 30-40 persen dari jumlah jemaah haji asal Jawa Barat di isi oleh lansia.

Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah (Kabid PHU) Kemenag Jawa Barat, Boy Hari Novian menjelaskan, hal itu dikarenakan sudah berdasarkan aturan yang ada. Di mana lansia berusia 60 tahun ke atas mendapatkan prioritas lebih dahulu.

"Calon Jemaah haji Jabar 30-40 persen yang berangkat adalah lansia. Kalau kuota kita itu 40 ribu, berarti 15-16 ribu adalah lansia," ujar Boy, Senin (6/5/2024).

1. Pelayanan akan diberikan semaksimal mungkin

Calon Jemaah Haji Asal Jabar 2024 Mayoritas Lansia, Jumlahnya 16 RibuIlustrasi ibadah umrah dan haji (Pexels.com/Zawawi Rahim)

Meski begitu, Boy memastikan, Kementerian Agama akan memberikan pelayanan yang maksimal. Mulai dari penempatan kamar hotel saat sampai Arab Saudi, hingga pemberian makanan yang sehat untuk para jemaah.

"Kamar akan ditempatkan di lantai bawah, jadi gak perlu naik. Kemudian kamar mandi akan ada pegangan juga biar mudah, di pesawat nanti akan mendapat kursi nomor 1-16 yang merupakan kursi bisnis agar lebih nyaman di perjalanan," jelasnya.

2. Kemenag Jabar imbau masyarakat menjaga kondisi

Calon Jemaah Haji Asal Jabar 2024 Mayoritas Lansia, Jumlahnya 16 RibuIlustrasi ibadah umrah dan haji (Pexels.com/Mutahir Jamil)

Boy mengimbau agar para jemaah haji mempersiapkan fisik untuk menjalani semua rangkaian ibadah. Sebab, menurutnya, cuaca di Mekah diprediksi akan ada di 45-50 derajat. Jemaah juga diminta tidak banyak melakukan kegiatan sunah sebelum melakukan kegiatan wajib.

"Kegiatan puncak haji selama 5 hari di Arafah, Musdalifah dan Mina. Jadi memang dari sekarang diharapkan jemaah menjaga kondisi dengan banyak minum dan mengurangi aktivitas sebelum puncak haji," katanya.

3. Total jemaah haji asal Jabar ada 93 kloter yang diberangkatkan di dua bandara

Calon Jemaah Haji Asal Jabar 2024 Mayoritas Lansia, Jumlahnya 16 RibuPinterest

Untuk diketahui, total jemaah haji Embarkasi Kertajati berjumlah 13.050 orang dibagi dalam 30 kloter. Mereka akan mulai masuk asrama haji Indramayu pada 11 Mei 2024. Sementara kloter pertama akan mulai berangkat pada 12 Mei.

Sementara itu jemaah haji Jabar Embarkasi Bekasi Soekarno Hatta berjumlah 27.161 orang. Mereka nantinya akan dibagi dalam 63 kloter. Total keseluruhan kloter haji asal Jawa Barat ada 93.

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat, Faiz Rahman mengatakan, jemaah asal Kota dan Kabupaten Bandung akan melebur jadi satu dengan jemah asal Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning), Subang dan Sumedang.

"Total jemaah yang berangkat dari BIJB Kertajati mencapai 13.200 orang yang terdiri dari 13.050 jemaah dan 150 petugas haji. Ini semua dari daerah asal Ciayumajakuning, Subang, Sumedang, Kota dan Kabupaten Bandung," ujar Faiz, Rabu (24/4/2024).

Baca Juga: PPP Buka Peluang Dorong Kader Maju di Pilgub Jabar 2024

Baca Juga: Pemdaprov Jabar Upayakan Inflasi Tetap Terkendali

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya