Buka Selama Larangan Mudik, Wisatawan Kebun Binatang Bandung Meningkat

Hati-hati dan tetap jaga prokes yah!

Bandung, IDN Times - Pengunjung Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoo Garden (Bazoga) meningkat pada larangan mudik dan Idul Fitri 2021. Guna mengantisipasi penyebaran COVID-19 pengelola memperketat protokol kesehatan (Prokes). 

Sulhan Syafii, Staf Humas Bazoga mengatakan, peningkatan kunjungan terjadi pada hari pertama setelah Idul Fitri, Jumat (14/5/2021). Adapun total kunjungan hari ini hampir menyentuh angka 3.000 orang, dan dipastikan lebih tinggi dari hari pertama saat Idul Fitri 2021.

"Kita punya target sehari itu 6.000 orang, biasa bikin target 10 hari itu 60.000. Tetapi Alhamdulillah hanya 1.000 lebih sedikit, kemudian hari ini sampai sekarang ada 2.500 orang," ujar Sulhan saat dihubungi. 

1. Kebun Binatang Bandung perketat prokes

Buka Selama Larangan Mudik, Wisatawan Kebun Binatang Bandung MeningkatIDN Times/Galih Persiana

Dengan adanya peningkatan pengunjung, Sulhan menuturkan, prokes yang diterapkan Kebun Binatang Bandung akan lebih diperketat. Sejumlah petugas diterjunkan untuk menertibkan kerumunan pengunjung.

"Kita akui memang banyak tempat berkerumun seperti di tempat pertunjukan, terus di resto, kita terus mengingatkan penjaga buat menghalau rang-orang yang tak menggunakan masker, kemudian tidak berjarak. Kami terus mengingatkan dan menegakkan SOP prokes," tuturnya.

2. Petugas sering menemukan kerumunan pengunjung

Buka Selama Larangan Mudik, Wisatawan Kebun Binatang Bandung MeningkatIDN Times/Galih Persiana

Meski sudah diperketat dalam hal penjagaan, nyatanya tidak semua pengunjung mematuhi imbauan petugas. Sulhan bilang, pengunjung Kebun Binatang Bandung ada juga yang abai prokes.

"Bandel, ada orang-orang yang merasa tenang-tenang saja. Kita terus ingatkan selama ada di dalam mohon pakai masker jaga jarak, cuci tangan, tiap satu jam ada imbauan dari petugas," ungkapnya.

3. Ada 16 fasilitas prokes disediakan Kebun Binatang Bandung

Buka Selama Larangan Mudik, Wisatawan Kebun Binatang Bandung MeningkatInstagram.com/paula_verhoeven

Kebun Binatang Bandung sudah menyediakan 16 titik fasilitas prokes seperti tempat mencuci tangan, tempat cek suhu, dan beberapa fasilitas lainnya. Selama beroperasi sejak hari H Idul Fitri 2021, koordinasi Kebun Binatang Bandung dengan Pemkot Bandung terus berjalan.

"Pemkot Bandung hanya meminta SOP prokes-nya ditegakkan. Kita sebetulnya ditutup dahulu tahun 2020, Maret sampai Juni itu 100 hari lebih, setelah itu tidak pernah ditutup," katanya.

4. Kapasitas pengunjung tetap dibatasi 50 persen

Buka Selama Larangan Mudik, Wisatawan Kebun Binatang Bandung MeningkatTenaga kesehatan melakukan tes cepat antigen kepada pengunjung Kebun Binatang atau Bandung Zoological Garden (Bazoga), Jawa Barat, Minggu (27/12/2020). Pemerintah Kota Bandung memberikan layanan tes cepat antigen secara gratis kepada wisatawan yang mengunjungi Bazoga guna mencegah penyebaran COVID-19 selama libur Natal dan Tahun Baru 2021. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Sulhan menambahkan, pengunjung yang datang tidak langsung masuk ke Kebun Binatang Bandung. Pengelola melakukan pembatasan pengunjung 50 persen dari jumlah 100 persen kondisi normal.

"Kapasitas pengunjung normal dahulu, kita bisa 12.000 di momen yang sama. Kami dikasih 50 persen berarti hanya boleh 6.000 orang," kata dia.

Baca Juga: Idul Fitri 2021, Kebun Binatang Bandung Ingin Tetap Buka

Baca Juga: Pemkot Bandung Pastikan Kerumunan Warga di Mal Tak Terjadi Lagi 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya