BTN Ketiban Untung dari Kredit Pemilikan Rumah di Jawa Barat

Jabar jadi mesin pertumbuhan BTN

Bandung, IDN Times - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) mendapatkan banyak keuntungan dari Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di Jawa Barat. Bahkan, Jawa Barat dinilai menjadi mesin pertumbuhan BTN.

"Jawa Barat menjadi engine pertumbuhan BTN dan angka itu juga berharap bisa mendorong pertumbuhan ekonomi Jabar," ujar Direktur Utama BTN, Nixon LP Napitupulu usai kegiatan Safari Ramadan di kantor cabang BTN Bandung, Rabu (3/5/2024).

1. Penciptaan rumah dapat memajukan perekonomian daerah

BTN Ketiban Untung dari Kredit Pemilikan Rumah di Jawa BaratDirektur Utama BTN, Nixon LP Napitupulu (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Nixon menjelaskan, KPR juga dapat menguntungkan pemerintah daerah melalui Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPTHB). Selain itu, perekonomian di masyarakat juga turut bangkit.

"Penciptaan rumah ini bisa bayar PBB BPTHB. Kemudian ada kawasan ekonomi baru, hadir warung, sekolah dan sebagainya. Sebenarnya tanpa disadari rumah ini engine ekonomi dari masyarakat," jelasnya.

2. BTN wanti-wanti krisis ekonomi

BTN Ketiban Untung dari Kredit Pemilikan Rumah di Jawa BaratDirektur Utama BTN, Nixon LP Napitupulu (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Lanjut Nixon, BTN memproyeksikan dapat membukukan pertumbuhan KPR dobel digit untuk wilayah Jawa Barat. Meski begitu, dia memastikan akan adanya dampak krisis ekonomi di Indonesia.

"Krisis ekonomi mulai datang dan ada kekhawatiran pertumbuhan ekonomi turun. Semoga enggak lama, kredit tumbuh lebih lama, liquidity lama-lama juga semakin ketat, itu kami khawatir akan menurunkan lagi pertumbuhan kredit," katanya.

3. Direksi BTN bakal keliling ke kantor cabang

BTN Ketiban Untung dari Kredit Pemilikan Rumah di Jawa BaratKaryawan Bank BTN Semarang sedang melayani nasabah milenial. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Sebagai informasi, kegiatan Safari Ramadan nantinya tidak hanya digelar di Kota Bandung. Nixon mengatakan, ia akan mengunjungi berbagai kantor cabang BTN di berbagai daerah mulai 3 April hingga 5 April 2024.

Dalam kegiatan Safari Ramadan tersebut, Direksi BTN terjun langsung menyapa dan berbuka bersama dengan para karyawan di daerah sekaligus memberikan santunan kepada Yayasan Yatim Piatu dan Dhuafa.

"Safari Ramadan ini merupakan kegiatan rutin yang setiap bulan Ramdan kami lakukan dengan berkeliling ke cabang-cabang BTN diberbagai daerah," kata Nixon.

Baca Juga: Komisaris Independen BTN Dicecar Penyidik KPK soal Investasi Taspen

Baca Juga: Kasus Korupsi Taspen: KPK Panggil Komisaris Independen BTN

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya