[BREAKING] Tim Komite Etik Resmi Izinkan Uji Klinis Vaksin COVID-19 di Bandung

Pendaftaran relawan akan segera dibuka!

Bandung, IDN Times - Izin uji klinis Tim peneliti vaksin sinovac virus corona (COVID-19) yang akan dilakukan Biofarma dan Fakultas Kedokteran Unpad sudah disetujui Tim Komite Etik dan Badan POM pada Senin (27/7/2020) pukul 14:00 WIB.

Koordinator lapangan penelitian uji klinis tahap 3 vaksin COVID-19, dr. Eddy Fadlyana mengatakan, izin uji klinis keluar Senin siang pasca rapat dari Tim Komite Etik dan Badan POM.

"Iya siang tadi keluar izin, pukul 14:00 WIB lebih. hasilnya rapat dari Komite Etik saja itu, kemudian rapat hasilnya keluar semua persyaratan terpenuhi pastinya," ujar Eddy saat dihubungi IDN Times.

Eddy menuturkan, dengan sudah keluar izin tersebut, tim akan langsung mulai membuka pendaftaran relawan mulai hari ini. Adapun pertengahan Agustus minggu ke dua dilakukan penyuntinkan. 

"Pembukan akan tetap dilakukan serentak di enam tempat uji klinis di Puskesmas Kota Bandung," ungkapnya.

Lebih lanjut, Eddy menambahkan, pendaftaran akan dibatasi sehari 20 sampai 25 orang. Untuk puskesmas dibuka pada pukul 11:00 WIB, sedangkan pendaftaran di Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Eyckman dibuka  sekir jam 09:00 WIB.

"Mereka harus tahu vaksin aman dan tidak merugikan suka relawan. Justru ada manfat mendapatkan inunisasi pertama kali sebelum dipasarkan secara umum," kata dia.

Baca Juga: Tim Peneliti Vaksin Corona: Relawan Berpotensi Alami Dua Efek Samping

Baca Juga: Denda Tilang Masker Hingga Ratusan Ribu, Pemkot Bandung Belum Sepakat

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya