BMKG Ungkap Penyebab Suhu Bandung Lebih Dingin di Penghujung 2022

Suhu minimum pagi ini di angka 19,8 derajat celcius

Bandung, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung mengungkap penyebab suhu Bandung Raya terasa dingin di penghujung tahun 2022. Salah satu faktor penyebabnya, ialah hembusan angin yang besar dan intensitas hujan yang lama.

Prakirawan cuaca BMKG Bandung, Iid Mujtahidin mengatakan, kondisi angin di Bandung Raya saat ini sangat kencang ditambah dengan intensitas hujan yang bertahan lama. Sehingga, suhu menjadi terasa lebih dingin.

"Seperti hari kemarin suhu maksimum yang tercatat sebesar 25,6 derajat celcius dengan suhu minimum pagi ini di angka 19,8 derajat celcius," ujar Iid, saat dikonfirmasi, Kamis (29/12/2022).

1. Suhu dingin diprediksi akan berlangsung lama

BMKG Ungkap Penyebab Suhu Bandung Lebih Dingin di Penghujung 2022Ilustrasi Hujan. IDN Times/Sukma Shakti

Selain suhu yang yang lebih rendah dari biasanya, potensi hujan juga masih dapat terjadi dengan intensitas mulai dari ringan hingga deras. Kemudian, faktor angin yang relatif kencang pun dapat mempebgaruhi lama hujan terjadi.

"Kondisi cuaca seperti ini dalam beberapa hari ke depan relatif dingin, dan potensi masih bakal dirasakan masyarakat" ucapnya.

2. Gelombang pantai juga bakal tinggi saat libur Nataru 2023

BMKG Ungkap Penyebab Suhu Bandung Lebih Dingin di Penghujung 2022ilustrasi hujan curah tinggi (IDN Times/Aditya Pratama)

Sebelumnya, Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Bandung, Teguh Rahayu memprediksi akan ada gelombang pada kondisi tinggi terjadi pada awal libur Nataru 2023 sampai awal tahun baru. Prediksi gelombang tinggi ini mencapai ketinggian 4 meter.

"Untuk tempat wisata pantai di wilayah selatan Jawa Barat, dihimbau agar masyarakat berhati-hati karena diprediksi gelombang laut ketinggian mencapai 4 meter," kata Rahayu, Rabu (28/12/2022).

3. Bodebek bakal diguyur hujan lebat saat malam Nataru 2023

BMKG Ungkap Penyebab Suhu Bandung Lebih Dingin di Penghujung 2022Ilustrasi cuaca ekstrem. (IDN Times/Mardya Shakti)

Wilayah Jabar sendiri banyak titik objek wisata yang akan dikunjungi masyarakat. Menurutnya, potensi hujan lebat juga akan terjadi selama awal libur Nataru 2023 hingga akhir di wilayah Bodebek.

"Untuk kawasan wisata wilayah Bodebek, masyarakat diimbau berhati-hati pada tanggal 29-31 Desember 2022, karena wilayah tersebut diprediksi mengalami hujan sedang hingga lebat," kata dia.

Dengan adanya semua prediksi ini, BMKG Bandung mengimbau agar masyarakat yang hendak berwisata saat Libur Nataru 2023 tetap bisa meningkatkan kewaspadaan, dan tidak mudah menerima informasi yang belum jelas sumbernya.

"Masyarakat diharap tenang dan tidak panik, dan yg terpenting tidak termakan berita-berita hoax. Tingkatkan kewaspadaan terhadap peningkatan potensi bencana hidrometeorologi, dan selalu ikuti rambu-rambu serta saran keselamatan yang ada," kata dia.

Baca Juga: BMKG Prediksi Gelombang Tinggi Bakal Terjadi di Pantai Selatan Jabar

Baca Juga: BMKG Prediksi Gelombang Tinggi Bakal Terjadi di Pantai Selatan Jabar

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya