BMKG Prediksi Hujan Guyur Wilayah Jabar Saat Arus Balik Idulfitri 2024

Pemudik diminta waspada bencana hidrometeorologi

Bandung, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan akan mengguyur Jawa Barat pada satu pekan ke depan, 11-17 April 2024. Sejumlah wilayah berpotensi akan diguyur hujan dengan intensitas ringan, sedang, lebat dan sangat lebat.

Kepala Stasiun Geofisika Kelas 1 Bandung BMKG, Teguh Rahayu mengatakan, dalam sepekan ke depan, diprakirakan terdapat beberapa faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan awan dan atau terjadinya hujan di sebagian wilayah Jawa Barat.

"Di antaranya yakni suhu muka laut di sekitar perairan Indonesia relatif hangat; gelombang atmosfer tipe Kelvin dan Equatorial Rossby diprakirakan aktif di wilayah Jawa Barat pada pertengahan pekan," ujar prempuan yang akrab dengan panggilan Ayu itu, Jumat (12/4/2024).

1. Jabar berpotensi diguyur hujan saat arus balik

BMKG Prediksi Hujan Guyur Wilayah Jabar Saat Arus Balik Idulfitri 2024ilustrasi kaca mobil berembun saat hujan deras (unsplash.com/Kiarash Mansouri)

Ayu mengungkapkan, siklon tropis OLGA masih terpantau di Samudra Hindia barat daya Sabu, NTT dengan kecepatan angin maksimum 40 knots atau 74 kilometer per jam dan tekanan udara minimum 998 hPa.

Siklon tropis OLGA sendiri diprediksi bergerak ke arah barat daya dengan kecepatan 5 knots atau 9 kilometer per jam, menjauhi wilayah Indonesia yang berdampak secara tidak langsung di wilayah Jawa Barat, membentuk daerah belokan angin atau shearline.

"Berdasarkan prakiraan kondisi global, regional, lokal, model cuaca deterministik dan probabilistik, diprakirakan potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi terjadi di sebagian wilayah Jawa Barat," katanya.

2. Ada beberapa daerah yang berpotensi diguyur hujan lebat

BMKG Prediksi Hujan Guyur Wilayah Jabar Saat Arus Balik Idulfitri 2024Ilustrasi Banjir di jalan

Lanjut Ayu, potensi hujan yang akan mengguyur wilayah Jawa Barat ada di intensitas sedang hingga lebat/sangat lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang yang dapat terjadi pada skala lokal, dengan durasi singkat.

Pada Sabtu, 13 April 2024, Ayu mengatakan, hujan berpotensi terjadi di Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Kuningan, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Subang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Garut.

Sementara, pada Minggu, 14 April 2024 : Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Bandung, Kabupaten Garut, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan,.Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Subang.

Prediksi Senin, 15 April 2024 : Kabupaten Bogor, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung Barat.

Selasa, 16 April 2024 : Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Bandung, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Purwakarta.

3. Masyarakat dan pemudik diminta waspada

BMKG Prediksi Hujan Guyur Wilayah Jabar Saat Arus Balik Idulfitri 2024Rumah warga di Desa Wonorejo, Kecamatan Karanganyar, Demak yang masih terendam banjir, Rabu (27/3/2024). (IDN Times/Bandot Arywono)

Stasiun Geofisika Kelas 1 Bandung BMKG mengimbau kepada masyarakat dan Instansi terkait agar waspada terhadap terjadinya potensi bencana hidrometeorologi seperti hujan lebat hingga sangat lebat dalam skala lokal, angin puting beliung, dan hujan es yang dapat mengakibatkan dampak seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang, serta dampak kerusakan lainnya.

"Waspada terhadap terjadinya cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat atau petir dan juga angin kencang pada sore hari, terutama pada hari di mana terjadi pemanasan kuat antara pukul 10.00 hingga 14.00 WIB," kata Ayu.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat, Herman Suryatman mengatakan, arus balik diperkirakan akan terjadi pada Jumat hingga nantinya meningkat di hari Sabtu sampai senin pekan depan.

Ada beberapa titik yang akan menjadi perhatian saat arus balik nantinya, salah satunya puncak Bogor.

"Kami antisipasi kamacetan pada puncak arus balik yang menurut prediksi akan terjadi Sabtu sampai Senin ini," katanya, Jumat (12/4/2024).

Baca Juga: Deretan Peristiwa Lalu Lintas di Jabar Sepanjang Arus Mudik 2024

Baca Juga: Zakat Fitrah di Jabar Capai Rp514 Miliar Selama Ramadan 2024

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya